Mau Buat Website Pilih Shared Hosting atau VPS Ya Sebaiknya?


 Saat akan membuat sebuah website seringkali anda dihadapkan pada pilihan apakah akan menggunakan shared hosting ataukah akan menggunakan vps hosting. Kedua pilihan tersebut sebenarnya sama sama bagusnya serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Oleh karena hal itulah maka anda perlu cermat dalam menentukan pilihan tersebut. Salah satu bentuk kecermatan ini tentu saja adalah dengan membandingkan keduanya. Dan berikut ini adalah beberapa perbandingan yang bisa anda gunakan dalam menentukan pilihan apakah akan menggunakan shared hosting atau vps hosting.

1. Shared Hosting: Hemat Biaya, Tetapi Terbatas dalam Kendali

Shared Hosting merupakan pilihan yang populer bagi mereka yang baru memulai dengan anggaran terbatas. Dalam layanan ini, sumber daya server dibagi bersama dengan banyak pengguna lainnya. Keuntungan utamanya adalah biaya yang relatif rendah. Namun, karena sumber daya dibagi, performa situs web dapat dipengaruhi oleh aktivitas pengguna lain di server yang sama.


2. VPS Hosting: Kendali Lebih Besar dengan Harga yang Lebih Tinggi

VPS Hosting menawarkan tingkat kendali yang lebih besar daripada Shared Hosting. Dalam lingkungan VPS, sumber daya server dialokasikan secara virtual, memberikan isolasi yang lebih besar antara akun pengguna. Ini berarti performa situs web tidak terpengaruh oleh aktivitas pengguna lain. Namun, biaya VPS Hosting biasanya lebih tinggi daripada Shared Hosting. Meski demikian ada juga layanan VPS Hosting Indonesia Murah dari berbagai provider lokal yang patut untuk anda pertimbangkan.


3. Kinerja dan Keamanan

Dari segi kinerja, VPS Hosting cenderung lebih unggul karena pengguna memiliki akses eksklusif ke sumber daya server yang dialokasikan untuk mereka. Dalam hal keamanan, VPS Hosting juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena isolasi yang lebih besar antara akun pengguna, mengurangi risiko dari serangan yang berasal dari pengguna lain di server yang sama.


4. Skalabilitas dan Pertumbuhan

Saat situs web Anda berkembang, skalabilitas menjadi faktor penting. VPS Hosting menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal skalabilitas daripada Shared Hosting. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan sumber daya server Anda sesuai dengan kebutuhan situs web Anda yang berkembang, sementara Shared Hosting mungkin memiliki keterbatasan dalam hal ini.


5. Dukungan Pelanggan

Dukungan pelanggan juga perlu dipertimbangkan. Baik Shared Hosting maupun VPS Hosting umumnya menawarkan dukungan pelanggan, namun, tingkat respons dan kualitas layanan dapat bervariasi. Beberapa penyedia hosting menawarkan dukungan 24/7 yang responsif, sementara yang lain mungkin memiliki waktu tunggu yang lebih lama atau dukungan yang kurang responsif.


Dari perbandingan di atas tentunya anda bisa menentukan mana yang akan dipilih untuk keperluan web yang akan dibuat. Untuk yang websitenya kemungkinan akan berkembang menjadi besar dan trafik meningkat maka memilih VPS Hosting Murah Handal yang lebih scalable tentu adalah pilihan tepat.


Tentu saja dalam pemilihan vps hosting ini tidak bisa asal asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya soal teknologi yang dipakai apakah vps tersebut sudah menggunakan ssd nvme yang memiliki kecepatan tinggi atau masih menggunakan ssd sata biasa, bagaimana uptime dari layanan vps tersebut, bagaimana layanan customer yang mereka berikan serta yang tak kalah pentingnya adalah soal bagaimana harga dari vps tersebut dibandingkan dengan fitur yang diberikan apakah worth it atau tidak.


Dan dari banyaknya provider vps hosting salah satu yang memenuhi kriteria di atas adalah dijaminmurah.com. Mereka sudah menggunakan ssd nvme yang 5 x lebih cepat, layanan pelanggan 24/7 serta harga yang kompetitif dengan fitur berkualitas mumpuni.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui Info Tentang Vaksinasi Covid Lewat SehatQ.Com

disini tempatnya belajar Blog gratis

YONGKI KOMALADI, Brand Kekinian Yang Kece untuk Lebaran