Ketahui Info Tentang Vaksinasi Covid Lewat SehatQ.Com


 Diakui atau tidak pandemi covid 19 yang sudah setahun lebih terjadi di Indonesia membawa dampak yang sangat besar di hampir semua aspek kehidupan masyarakat. Dan sayangnya sebagian dampak dari covid di masyarakat ini adalah dampak yang negatif. Banyaknya orang yang terkena covid memaksa diterapkannya sejumlah aturan seperti orang harus bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, pembatasan jam operasional dan lain sebagainya. Sedikit banyak pembatasan pembatasan ini mempengaruhi sektor ekonomi. Hal ini bisa dilihat dari terjadinya resesi di indonesia pada tahun 2020 yang lalu. Tak hanya itu banyak pengusaha yang mengalami kelesuan usaha bahkan tak sedikit yang terus terusan merugi hingga terpaksa harus menutup usahanya karena bangkrut. Para pekerja pun juga merasakan dampak yangs erupa. Efek dari sepinya perusahaan banyak yang kemudian merumahkan atau bahkan memberhentikan pekerjanya. Hal ini tentunya menjadikan jumlah pengangguran semakin tinggi. Hal yang sama juga terjadi di sektor pariwisata, adanya covid yang bisa membahayakan wisatawan tentunya menurunkan pendapatan orang yang bergerak di sektor ini.

Berbagai masalah ini kemungkinan bisa diselesaikan secara bertahap asalkan penanganan virus covid bisa diselesaikan. Untuk masalah covid ini salah satu yang bisa dilakukan warga masyarakat seperti kita tentunya adalah dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Beberapa contoh penerapan protokol kesehatan ini misalnya dengan memakai masker yang memenuhi persyaratan, menjaga jarak saat kontak dengan orang lain (social distancing), menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas atau kalau tidak ada bisa menggunakan hand sanitizer.


Disamping upaya dengan menerapkan protokol kesehatan, usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menanggulangi virus corona ini adalah dengan mengadakan vaksinasi. Seperti yang kita ketahui bersama mulai tanggal 13 januari 2021 kemarin pemerintah sudah mulai melakukan program vaksinasi. Dan sampai hari ini sudah ada satu juta sembilan ratusan ribu orang yang sudah divaksin.


Maksud pemberian vaksin covid 19 ini adalah orang orang memiliki anti bodi sehingga bisa mengatasi saat terserang virus. Pemberian vaksin ini dilakukan dengan menyuntikkan virus yang telah dilemahkan yang kemudian akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi.


Di Indonesia sendiri saat ini vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovac. Beberapa negara lain yang juga menggunakan vaksin sinovac diantaranya adalah Brazil dan Turki.


Meskipun vaksin sudah ada akan tetapi tak semua orang bisa atau boleh divaksin. Ada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tubuh tertentu yang tidak boleh divaksin karena ada resiko yang membahayakan.


Dilansir dari web SehatQ.Com untuk boleh divaksin seseorang seharusnya memenuhi syarat tertentu. Adapun sebagian dari syarat orang diperbolehkan untuk menerima vaksin ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak sedang hamil

  2. Bukan penderita penyakit kronis seperti penyakit jantung (gagal jantung maupun jantung koroner), penyakit ginjal kronis, bukan orang yang memiliki masalah autoimun, tidak sedang menderita ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) dan lain sebagainya.

  3. Bukan orang yang sedang menderita covid. Dan untuk mereka yang pernah terkena covid untuk bisa mendapatkan vaksinasi setidaknya minimal harus menunggu minimal 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

  4. Tidak kontak langsung dengan penderita covid 19

  5. Tidak sedang demam dengan suhu tubuh 37,5 derajat celcius atau lebih.

  6. Penderita Diabetes melitus (DM) tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen dapat diberikan vaksinasi.

  7. Tekanan darah tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

disini tempatnya belajar Blog gratis