Tips Meningkatkan Kesuburan Agar Cepet Dapat Momongan

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu kamu tahu seputar kesuburan dan kehamilan

Meningkatkan Kesuburan dan dapat momongan

Setelah menikah, pastinya anda tidak ingin dong berlama-lama menunda dapat momongan? Tapi jika sampai saat ini anda belum hamil, jangan cemas! Ahli kesuburan dan kehamilan dari Inggris bernama Zita West berbagi beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui soal kesuburan, seperti berikut ini:

Hal yang memengaruhi kesuburan

Meningkatkan Kesuburan dan dapat momongan

Usia

Hal utama yang sangat memengaruhi kesuburan menurut West adalah usia. Semakin bertambah usiamu, akan semakin lama juga untuk mendapat momongan.  Reproduksi terbaik perempuan berada di usia 20-an. Ketika usianya mencapai 30-an, kesuburannya secara bertahap akan menurun, terutama setelah usia 35.  Bagi perempuan 30-an yang subur dan sehat, peluang kehamilannya sebesar 20%.

Kurangnya pengetahuan mengenai kesuburan

Posisi seks tidak memengaruhi kesuburan, begitu pula untuk perkiraan waktu subur yang tepat, bukanlah dihitung sejak 2 minggu dari haid. Ini karena tiap perempuan memiliki siklus berbeda.

Pola pikir

Pola pikir seorang perempuan yang sering mencemaskan masalah kehamilannya bisa berpengaruh signifikan terhadap kesuburan. Oleh karena itu, perlu dijaga benar untuk perempuan yang ingin segera hamil agar tidak terlampau stres dan banyak cemas.

Pilihan gaya hidup

Efek alkohol, merokok, obat-obatan dan berat badan yang terlalu gemuk atau kurus akan berpengaruh besar pada kesuburan. Terutama untuk obat, obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi bisa menguras nutrisi tubuh yang dibutuhkan untuk kesuburan.

Penggunaan KB jangka panjang

Kebanyakan perempuan tidak menyadari hal ini, terutama yang sudah menggunakan KB sejak masih remaja. Tapi  bukan berarti pil dan metode kontrasepsi dalam jangka panjang selalu menyebabkan ketidaksuburan ya. Normalnya perempuan yang menghentikan pil kontrasepsi akan kembali haid dan subur lagi dalam waktu singkat. Ini hanya karena ovulasi tertunda dan tidak teratur. Untuk penggunaan KB suntik, akan memakan waktu lebih lama kembali normal, bahkan hingga berbulan-bulan. Jika dalam setahun belum ada perkembangan, sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter.

Cara meningkatkan kesuburan

Meningkatkan Kesuburan dan dapat momongan

Bagi anda para calon ibu yang ingin meningkatkan peluang kehamilan, ada beberapa metode yang telah diuji coba dan disarankan oleh Zita West. Menurutnya, kehamilan dan kesuburan sepenuhnya terkait dengan konsumsi makanan. Tapi makanan yang bagaimana, itu yang perlu diperhatikan.

Memperhatikan kecukupan nutrisi

Sebetulnya agar cepat hamil bukan sekadar mengonsumsi makanan yang diketahui bisa meningkatkan kesuburan saja. Karena meskipun kamu mengonsumsi makanan tersebut, perlu diperhatikan juga bahwa gula darahmu perlu seimbang, membran selmu ternutrisi, dan terdapat perlindungan tubuh dari radikal bebas lewat makanan. Stres, jam kerja yang panjang, dan alkohol, ini semua akan menguras nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk kesuburan, terutama kebutuhan nutrisi utama bagi kesuburan seperti vitamin D, yodium dan antioksidan.

Melengkapi kebutuhan gizi

Gizi merupakan landasan kesuburan. Kebanyakan perempuan tahu tentang pola makan yang baik tapi memiliki pengtahuan yang sedikit terkait kebutuhan gizi. Gizi yang baik bukan hanya membantumu hamil lebih mudah, tapi juga menjaga kesehatan telur dan sperma yang bisa dibangun lewat pola makan. Tubuhmu membutuhkan lemak baik untuk membangun membran sel sperma dan telur, bukan lemak trans yang didapat dari makanan olahan atau yang sering disajikan instan menggunakan microwave dan justru mengganggu ovulasi.

Tips Cepat Menghadirkan Momongan Dalam Keluarga

Berdoa

Doa adalah keadaan dimana manusia berkomunikasi dengan Tuhan-Nya. Dewasa ini manusia sudah banyak yang mengesampingkan Tuhan, Tuhan ada jika kita sudah merasa orang paling susah dan dalam kondisi terpuruk. Bayi ada dan tiada itu adalah kehendak-Nya, jika Tuhan sudah berkehendak maka itulah yang akan terjadi. Doa adalah sarana untuk meminta agar semua yang kita ingin segera terwujud, maka banyak-banyaklah meminta agar sosok bayi yang kita idam-idamkan selama ini segera ada dalam kandungan kita dan terlahir sehat ditengah-tengah keluarga yang harmonis.

Jauhi Perbuatan Yang Membuat Tuhan Murka

Banyak diantara para pasangan suami istri yang hanya mengandalkan kekuatan medis dan kekuatan dunia saja untuk mewujudkan sesuatu, tapi mereka lupa dan bahkan tidak peduli bahwa ada kekuatan yang dasyat yang bisa dengan segera mewujudkan apa yang kita inginkan. Kekuatan itu adalah kekuatan Tuhan yang tidak ada tandingannya didunia ini. Dan banyak diantara kita yang melakukan sesuatu hal dan membuat Tuhan enggan pada doa dan keinginan kita. Perbaiki diri dan segera mohon ampun atas dosa dan kesalahan kita, agar Tuhan segera memberi ampun dan segera mewujudkan apa yang kita inginkan dan apa-apa yang kita cita-citakan. Amin

When you are trying to conceive, perhaps the saying ‘you are what you eat’ should read ‘you both are what you eat’ – Zita West

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *