Tips Aman dan Ampuh Atasi Sembelit Saat Puasa

Mengalami sembelit selama puasa? Yuk atasi dengan cara ini

Sembelit Saat Puasa

Konstipasi atau sembelit adalah masalah pencernaan yang umum terjadi. Biasanya ditandai dengan susah buang air besar atau buang air besar tidak teratur. Selain orang yang menderita konstipasi sering mengalami pergerakan di usus, terasa melilit dan perut terasa sakit. Orang yang mengalami konstipasi biasanya hanya buang air besar sebanyak 3 kali seminggu atau bahkan kurang.

Biasanya sembelit ini hanya bersifat sementara. Perubahan gaya hidup disertai dengan pola makan yang benar, yang mengandung banyak serat dan nutrisi mampu mengatasi hal ini.

Momen buka puasa seringkali membuat kita lupa akan makanan sehat. Menu berbuka puasa yang dimasak sedemikian rupa memang tampak lebih lezat dibanding sayur dan buah yang dimasak sebentar namun kaya akan gizi. Celakanya, kurang makan sayur dan buah dapat membuat kita sembelit. Sulit buang air besar dapat membuat perut terasa kurang nyaman, dan bahaya untuk kesehatan pencernaan jika sembelit dalam waktu yang cukup lama.

Berikut ini 4 makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi ketika mengalami sembelit :

Lidah buaya

Lidah buaya diyakini dapat memperlancar sistem pencernaan  karena merupakan tanaman berserat tinggi. Kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dengan dibuat jus, dan diminum selama 2-3 hari berturut-turut saat sebelum dan bangun tidur. Untuk yang kurang menyukai rasa lidah buaya, bisa mencampur jus dengan buah-buahan lain, seperti jeruk, lemon, atau apel.

Kismis

Buah kering ini juga kaya akan serat yang akan berguna mengatasi sembelit. Kamu bisa mengonsumsi kismis secara langsung akan khasiatnya lebih terasa.

Air putih

Sembelit bisa jadi disebabkan karena tubuh kekurangan air putih. Selama puasa, seringkali tubuh kekurangan asupan air putih, padahal 8 gelas air putih sehari merupakan aturan yang disarankan. Jadi, jika kamu kesulitan buang air besar, bisa langsung minum air putih dan memastikan asupan air dalam tubuh tercukupi.

Pepaya

Buah pepaya memang dikenal dapat memperlancar buang air besar. Jika sudah terasa sembelit, sebaiknya langsung mengonsumsi buah berwarna oranye ini. Untuk kamu yang nggak suka buah ini, bisa dibuat jus dengan campuran jeruk atau lemon agar terasa lebih segar.

Semoga informasi Tips Ampuh Atasi Sembelit Saat Puasa ini bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami sembelit saat melakukan ibadah puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *