Tips Atasi Selulit Kulit Halus Tak Keriput

tips menghilangkan selulit

Selulit atau Stretch Mark bukanlah pemilih. Garis putih yang mengganggu penampilan itu muncul kapanpun dipinggul, paha atas, perut dan pantat anda. Selulit juga tidak peduli apakah orang itu bertubuh indah atau tidak, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ragam perawatan dan teknik telah dicoba, tetapi masih saja selulit ada disana. Memang untuk mengusir selulit bukanlah urusan mudah meski tetap bisa diusahakan.

Selulit adalah lemak yang berlebihan diantara kulit dan otot, bagian tubuh yang tidak berotot membuat lemak tidak mempunyai fondasi sehingga muncul dikulit berbentuk garis-garis putih saat disentuh, tekstur selulit mirip kulit jeruk yang keriput.

Menurut dokter kulit dr. Eleni Yiasemides di Australia, selulit disebabkan 3 proses alami yang terjadi dilapisan kulit. Pertama karena jaringan lemak yang timbul keatas, jaringan tubuh menarik lemak kulit dan buruknya sirkulasi cairan dan saluran getah bening yang terjadi didalam tubuh.

Pemicu selulit beragam antara lain

  1. Tidak seimbangnya produksi hormon estrogen pada wanita.
  2. Diet yang buruk.
  3. Metabolisme tubuh lambat.
  4. Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh.
  5. Kurang olah raga.
  6. Faktor genetik.

Saat berat badan naik selulit bisa muncul, sebaliknya ketika berat badan turun tidak menjamin selulit bisa menghilang dengan sendirinya. “sebagian besar orang yang mempunyai selulit berat badannya normal, namun sebelumnya mungkin pernah mengalami kelebihan berat badan” kata Yiasemides.

Apa yang bisa dilakukan? beragam produk kecantikan telah menawarkan krim untuk menghilangkan selulit, klinik kecantikan menyediakan perawatan khusus untuk mengusir selulit. Disisi lain ada beberapa hal yang patut diketahui agar selulit memperoleh perhatian maksimal anda. yaitu :

Diet Sehat

banyak makan buah

Cara ini bisa meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat ikatan jaringan dalam tubuh. Perbanyak asupan vitamin A, vitamin C dan vitamin E dari buah-buahan dan sayuran, tak lupa asam lemak yang bermanfaat dari lemak ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Olahraga Rutin

olah raga teratur

Gerakan yang rutin dilakukan akan menigkatkan sirkulasi cairan dalam tubuh, kalori yang terbakar juga akan mengurangi lemak, menambah kekuatan otot dibawah kulit untuk menyamarkan selulit dan fungsi saluran getah bening lebih lancar. Riset mengatakan kinerja saluran getah bening ini memegang peran penting untuk mencegah dan merawat selulit karena bertugas membuang sisa metabolisme tubuh, ketika tidak berjalan sebagaimana mestinya sisa itu akan tersimpan dalam sel lemak dan membuatnya tebal, memperlambat sirkulasi dan ikatan jaringan sel.

Menggosok Tubuh

gosok tubuh saat mandi

Inilah cara efektif untuk meningkatkan sistem saluran getah bening dan mengurangi selulit, gosok tubuh terutama bagian paha atas, pinggul, perut dan pantat setiap kali mandi, ini akan menambah sirkulasi cairan diarea itu. Pakai penggosok alami, gerakannya dari bawah keatas dan agak ditekan lalu basuh dengan air. Atur suhu air mandi dari panas ke dingin, ini akan merangsang aliran darah ke permukaan kulit, proses ini juga menjadi detoksifikasi alami kulit untuk mengeluarkan racun yang ada diikatan jaringan tubuh.

Krim Selulit

gunakan cream selulit

Bahan yang terkandung dalam krim selulit menentukan hasil akhir pula. Jika selulit tidak sama sekali hilang setidaknya terlihat samar dan kulit terasa lebih halus. Bahkan ada bahan yang bisa memperkuat ikatan jaringan dan meningkatkan sirkulasi cairan tubuh, bahan itu adalah retinoid seperti vitamin A (retinol) yang membuat kulit lebih elastis dan ketat, Hydroxy acids seperti lactic, salicylic atau glycolic acid yang menstimulasi pertumbuhan elastin dan kolagen. Bahan alami seperti teh hijau yang menstimulasi sirkulasi cairan tubuh serta xanthine seperti kafein yang menghancurkan lemak dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *