Inilah Tanda-Tanda Melahirkan atau Persalinan Yang Wajib Diketahui

tanda-tanda melahirkan
ForediGel.my.id

Walaupun proses persalinan atau melahirkan berbeda pada setiap wanita tapi tanda-tanda persalinan adalah sama, dengan mengetahui tanda-tanda persalinan anda akan mengerti kapan saat yang tepat untuk pergi ke rumah sakit atau bidan dan apa saja yang dapat dilakukan bila tanda-tanda persalinan ini ada.

Barangkali tidak sedikit dari anda yang belum mengetahui apa saja tanda-tanda melahirkan, terutama bagi yang baru pertama kali hamil.

Beberapa Tanda-Tanda Melahirkan (Persalinan)

Terasa Nyeri Diselangkangan

Anda akan merasakan nyeri di bagian selangkangan karena ada tekanan sebagai akibat posisi kepala janin yang sudah turun ke dasar panggul, lantaran bagian terbawah janin menekan kandung kemih maka ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Disamping itu anda akan merasakan sakit pada perut, mulas, sering terasa ingin buang air besar dan buang angin.

Sakit Pada Punggung dan Tulang Belakang

Anda akan merasakan sakit berlebih pada panggul dan bagian tulang belakang, rasa sakit ini disebabkan oleh pergesekan dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang akibat adanya kontraksi rahim.

Keluar Lendir Kental Bercampur Darah

Lendir ini dapat bercampur darah segar atau kecoklatan yang disebabkan oleh karena mulut rahim dalam proses membuka, untuk itu sebaiknya anda berangkat ke rumah sakit atau bidan dengan membawa perlengkapan bayi dan keperluan menginap yang sudah disiapkan sebelumnya.

Perlu anda tahu, sejak terjadinya kehamilan secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbatan berupa lendir kental, sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman. Nah pada awal tahap pembukaan mulut rahim sumbatan lendir itu terbuka dan lendir (berwarna merah mudah) keluar melalui vagina.

Pecah Ketuban

Pecahnya ketuban biasanya di vagina terasa basah seperti ngompol tetapi tidak terasa berkemih atau buang air kecil, rembesan bisa berupa basah dicelana atau mengucur deras sampai kekaki anda, umumnya pecahnya ketuban ini akan merangsang terjadinya kontraksi rahim sehingga terjadi persalinan.

Kontraksi Rahim

Anda akan merasakan kontraksi rahim yang berurutan atau terus menerus disertai rasa mules di perut, kontraksi ini ada yang asli dan palsu.

Kontraksi rahim yang asli terjadi terus menerus dan semakin sakit, biasanya kontraksi yang asli durasinya selama 3 sampai 5 menit dan semakin lama semakin bertambah sakit dan durasi waktunya akan semakin pendek, sedangkan kontraksi palsu biasanya datang secara tiba-tiba dan langsung hilang.

Akibat adanya kontraksi akan menarik mulut rahim sehingga terbuka dan akhirnya mendorong bayi kekanal kelahirannya (vagina), bagi ibu yang akan melahirkan dan mulai terasa kontraksi yang nampak teratur mulailah untuk menghitung waktunya.

Biasanya persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik dari antara kontraksi yang lain, persalinan pertama kali akan berlangsung 12 sampai 14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit, anda dapat pergi kerumah sakit atau bidan terdekat.

Mulut Rahim Membuka

Persalinan atau melahirkan ditandai dengan membukanya mulut rahim, dimulai dari pembukaan 1 samapi 10, pembukaan mulut rahim secara medis diartikan berapa centimeter (cm) ukuran pembukaan pada mulut rahim.

Bukaan ke-1 artinya mulut rahim telah membuka 1 cm, sedangkan bukaan sempurna ditandai dengan membukanya mulu rahim sebesar 10 cm sehingga dapat dilewati oleh kepala bayi.

Semoga informasi ini membantu dan mudah-mudahan anda dan bayi anda diberi keselamatan dan kesehatan sepenuhnya. Terima kasih atas kunjungan anda di website kami.

masalah pencernaan
Solusi Sehat Untuk Pencernaan

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *