Beberapa Penyebab Gairah Seksual Turun Pada Wanita

gairah seksual

Sampai saat ini masih banyak orang yang beranggapan urusan seksual adalah urusan pria, masih banyak yang beranggapan wanita atau istri hanyalah pihak yang pasif atau menerima saja dalam hal hubungan seksual, bahkan banyak pria yang beranggapan dan memperlakukan wanita hanya sebagai objek seks.

Akibatnya menurunnya gairah seksual yang istilah kedokteran disebut libido dan libido pada wanita kerap dianggap remeh padahal kehidupan seksual yang sehat menjadi salah satu indikator kesehatan, dan tak adanya minat untuk berhubungan intim bisa menyebabkan pernikahan bisa berantakan, sebab mereka yang mengalami penurunan gairah seksual berakibat wanita kulit menikmati bahkan sulit untuk memulai atau melakukan hubungan seks.

Secara khusus disebutkan bahwa menurunnya gairah seksual merupakan salah satu gejala disfungsi seksual dimana fungsi ini dibutuhkan manusia untuk melakukan kontak seksual yang normal.

Pada Wanita Disfungsi Seksual atau Gairah Seksual Turun Meliputi 5 Hal

  1. Penurunan atau gangguan nafsu atau libido.
  2. Gangguan terangsang.
  3. Gangguan orgasme.
  4. Dispareunia (kondisi dimana vagina kering).
  5. Vaginismus (kondisi dimana vagina langsung berkerut setiap kali akan berhubungan intim sehingga tidak jadi berhubungan).

Dari kelimanya yang paling sering diderita adalah tiga hal pertama, dan dari ketiganya hasrat atau libido memegang peranan penting karena jika tidak ada hasrat atau gairah seorang perempuan tidak bisa terangsang, bila tidak terangsang walaupun bisa berhubungan seks maka otomatis wanita tidak bisa orgasme.

Disfungsi seksual terberat adalah gangguan libido atau penurunan keinginan berhubungan seks (hypo sexual desire disorder), kendati demikian perempuan masih bisa melakukan hubungan seks karena alat kelaminnya bersifat longgar (dalam arti menerima). Berbeda dengan pria yang jika tidak ada libido alat kelaminnya bisa “mati”.

Memang perempuan masih bisa berhubungan seks minimal melayani pasangannya sehingga kadang-kadang gangguan libido ini tidak terlihat. Adapun penyebab gangguan libido bisa dikelompokkan menjadi 2 yaitu primer dan sekunder.

Primer

Disebut primer karena penyebabnya terjadi sejak awal atau sebelum dia mengenal seks, memang ada perempuan yang sejak awal menikah atau bergaul dengan laki-laki hasratnya kurang. Walaupun untuk perempuan yang belum menikah tidak bisa dipastikan begitu.

Sebelum menikah seorang perempuan bisa saja tidak mau berpegangan tangan dengan pacarnya karena memegang prinsip agama dan sebagainya, itu mungkin saja tetapi bisa saja dia memang memiliki ganggaun libido dan itu susah ditebak serta tidak bisa dipastikan.

90 persen gangguan ini disebabkan oleh faktor psikologi, perempuan yang sudah menikah pasti ingin berhubungan seks sejak dia resmi menikah dan mengalami malam pertama, bila keinginannya setengah-setengah atau ingin hanya karena “aturan” (bukan karena hasrat) patut diwaspadai.

Ada juga perempuan yang enggan berhubungan seks atau hanya berhubungan seks karena ingin punya anak, dalam hal ini otomatis pengetahuan seks wanita tersebut kurang dan tidak tahu apa sebenarnya seks, selain itu yang bersangkutan biasanya juga tidak sadar kalau dia mengalami gangguan libido dan biasanya yang mengeluh adalah suaminya.

Sekunder

Berbeda dengan primer, pada penyebab sekunder libido seorang wanita mula-mula normal dan pada suatu waktu menurun, dalam hal ini dia sudah pernah menikmati bagaimana berhubungan seks dan jika sewaktu-waktu hasratnya turun.

Bukan tidak mungkin dia mengalami gangguan libido, dalam kasus ini penyebabnya mudah diketahui karena dulunya perempuan tersebut normal (dalam arti punya hasrat, terangsang dan bisa orgasme).

Umumnya Penyebab Disfungsi Seksual Wanita Ada Tiga Hal

  1. Faktor psikologi.
  2. Hubungan suami istri yang tidak sehat seperti perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga (ini merupakan penyebab terbanyak).
  3. Faktor fisik yaitu karena berkurangnya hormon (banyak ditemui pada perempuan yang mendekati atau mengalami menopause), narkoba dan sejumlah penyakit seperti liver, diabetes, ginjal dan hipertensi.

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *