Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria

penyakit kelamin

Penyakit kelamin merupakan penyakit yang menyerang organ seks pria maupun wanita yang biasanya ditularkan melalui hubungan seks maupun seks oral. Berikut kami rangkum beberapa jenis penyakit kelamin pada pria.

Macam Macam Penyakit Kelamin Pada Pria

  1. Herpes

Merupakan jenis penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh virus. Bisa diobati namun tidak bisa disembuhkan. Gejala awal biasanya nampak seperti luka lecet yang berair dan kemerahan.

Gejala ini terjadi setelah 5 – 10 hari berhubungan intim dengan penderita herpes. Jika diobati, virus akan tetap tinggal di dalam tubuh dan akan kembali kambuh sewaktu – waktu. Sayangnya pada wanita, gejala ini tidak nampak dari luar karena luka terjadi di dalam vagina.

  1. Sifilis

Merupakan penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh bakteri. Namun berbeda dengan herpes, sifilis menampakan gejalanya setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan berhubungan intim dengan penderita.

Luka selain pada penis juga dapat menyebar ke seluruh tubuh. Pemberian antibiotik penicilin dapat membantu meringankan penyakit ini. Tetapi bakteri akan tetap berada di dalam tubuh dan sewaktu-waktu bisa kambuh.

  1. Bisul Pada Penis

Merupakan penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh virus HPV ( Human Paviloma Virus ). Bisul ini jumlahnya bisa satu atau bahkan sangat banyak. Untungnya penyakit kelamin pada pria jenis ini dapat disembuhkan.

  1. Kutu Kelamin

Penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh serangga yakni kutu. Biasanya betah tinggal di dalam rambut kelamin yang lebat. Untuk itu cukurlah rambut kemaluan anda dan cuci dengan bersih. Penyebab utama kutu bisa hinggap adalah kurangnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

  1. HIV AIDS

Merupakan jenis penyakit kelamin yang sangat kronis, virus bekerja untuk melumpuhkan seluruh sistem kekebalan tubuh. Sebagai contoh, jika anda terluka maka luka anda akan terus menganga, sulit untk sembuh dan kering. Jika anda mencret, maka anda akan terus mencret dan seterusnya.

Penyakit kelamin ini tidak hanya ditularkan melalui hubungn intim tetapi juga melalui jarum suntik, transfusi darah, atau anda berciuman dengan penderita dimana saat itu anda atau penderita itu sendiri menderita sariawan atau gigi berlubang.

  1. Infeksi Jamur

Penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh jamur biasanya diorientasikan dengan kebiasaan hidup sehari-hari dari pria tersebut. Misalnya dia tidak mengganti celana dalamnya dalam jangka waktu lama, sehingga keringat dan kotoran tubuh yang menempel dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

  1. Gonorhea

Merupakan penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh bakteri. Akan terasa sakit saat buang air kecil atau bahkan tidak ada gejala sama sekali. Jenis penyakit kelamin pada pria ini, menyebabkan keluarnya cairan berbau dari alat kelamin pria.

Apabila penyakit kelamin ini dibiarkan atau tidak ditangani dengan segera maka infeksi akan semakin parah, bahkan menyebabkan kemandulan. Lalu muncul pertanyaan apa yang harus wanita lakukan untuk mengetahui suami atau pasangannya menderita PMS (Penyakit Menular Seksual)?

Penyakit kelamin pada pria sering kali tidak nampak gejalanya, bahkan penderita sendiri sering kali tidak menyadari kalau dia telah terjangkit PMS. Jadi cara terbaik untuk menghindari PMS adalah dengan kenali dulu pasangan anda, serta gunakanlah kondom sebagai alat pertolongan pertama untuk mencegah penularan.

Jika ya pasangan anda menderita PMS, maka dalam beberapa waktu ke depan anda akan melihat gejalanya. Satu hal lagi yang perlu anda waspadai adalah jika anda memiliki putra – putri remaja, karena mereka yakni remaja cenderung lebih riskan tertular PMS.

Cara Menghindari Penularan Penyakit Kelamin Pada Pria

  1. Gunakanlah kondom saat berhubungan intim.
  2. Jangan melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan.
  3. Hindari berhubungan seks di usia remaja.

Di masyarakat kita sering beredar rumor maupun mitos mengenai penyakit kelamin pada pria yang belum tentu kebenarannya.

5 Mitos Tentang Penyakit Kelamin Pada Pria

  1. Hanya Orang-Orang Jalanan Yang Terkena PMS.

Ini merupakan anggapan yang salah tentang penyakit kelamin pada pria. Penyakit kelamin tidak pernah memilih penderitanya karena dia kaya atau miskin, dia pedagang kecil atau pengusaha kaya dan lain sebagainya. Semua itu tergantung pada aktivitas seks masing-masing orang.

  1. Jika pasangan anda menderita PMS maka anda akan mengetahuinya dengan pasti. Ini juga merupakan anggapan yang salah dalam menilai penyebaran penyakit kelamin pada pria.

PMS sering kali tidak menampakan gejalanya, dokter sekalipun tidak dapat melihatnya secara fisik, harus diperiksa melalui tes darah.

  1. Anda dapat menghindari PMS dengan cara berhubungan seks oral ataupun seks melaui dubur.

Emh….ini merupakan anggapan yang salah besar. Justru bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit kelamin pada pria akan menyerang anda lewat bagian tubuh manapun termasuk mulut dan dubur.

  1. Jika pria telah pernah terinfeksi penyakit kelamin kemudian dia sembuh maka dia tidak akan terjangkit lagi. Ini juga merupakan anggapan yang salah, karena perlu diingat bahwa Herpes dan HIV AIDS akan terus hidup bersama anda, sepanjang anda hidup.

Jika anda misalnya sembuh dari Gonorhea tapi kemudian anda berhubungan seks kembali dengan penderita maka anda pun terjangkit kembali.

  1. Jika anda memeriksakan diri kemudian anda terbebas dari PMS, maka pasangan anda tidak perlu menjalani tes, ini merupakan anggapan yang keliru karena siapa tahu pasangan anda pernah berhubungan seks dengan penderita PMS.

Itulah ulasan seputar penyakit kelamin pada pria, semoga dapat memberikan informasi dan manfaat untuk anda dan keluarga.

foredi
For Ejakulasi Dini

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *