Manfaat Kopi Untuk Tubuh

manfaat kopi

Tahukah Anda bahwa negara Indonesia menempati urutan nomor 8 penghasil kopi terbesar didunia setelah India, Guatemala, Hawaii, Ethoipia, Costa Rica, Kolombia dan yang menempati urutan nomor satu adalah negara Brasil. Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. 

Siapa yang tak pernah minum kopi? dari yang muda sampai yang tua semua pernah merasakan minum kopi, karena minuman kopi ini sangatlah familiar di tengah-tengah masyarakat dunia, apalagi untuk sekarang ini banyak bentuk dan jenis minuman kopi yang beredar dari mulai kopi murni sampai kopi yang dikemas dalam bentuk varian rasa.

Memulai hari tanpa minum secangkir kopi seperti ada yang kurang, bagi banyak orang kopi menjadi minuman ampuh untuk menyegarkan tubuh, selain aroma tajamnya yang menggoda, kopi sering menjadi minuman peredam kantuk.

Banyak penelitian tentang kopi salah satunya dari Harvard School of Public Health yang menunjukkan resiko depresi 20% lebih rendah pada perempuan yang minum kopi saat pagi. Jika ada yang menyatakan kopi sanggup membuat melek, statment itu seperti hasil penelitian dari Seoul National University 2008 bahwa aroma kopi efektif membangunkan orang dari tidur.

Kopi di Indonesia banyak ragamnya, dari banyak daerah didapat kopi dengan aneka aroma dan rasa. Aroma dan rasa itu berbeda sesuai dengan kondisi tanah dan lingkungannya.

Kopi jenis Arabika memiliki kadar kafein dalam kopi ini kebih rendah, meski demikian lambung memiliki takaran sendiri untuk menoleransi kopi. Itu sebabnya batas normal konsumsi kopi adalah dua cangkir sehari seperti hasil penelitian Beth Israel Deaconess Medical Center dan Fakultas Kesehatan Universitas Harvard. Bagi balita minum kopi murni 2-3 sendok makan sangat mampu untuk mencegah step atau kejang pada disaat anak mengalami demam panas tinggi.

Agar manfaat menuai hasil yang disarankan adalah kopi hitam dan sebaiknya kopi diminum tanpa gula, jika terpaksa harus menggunakan gula gunakan sedikit saja agar rasa kopi tidak berubah.

Itu berbeda dengan kopi instan yang sudah mengandung gula dan krim, dan biasanya gula yang ditambahkan kedalam kopi instan dengan takaran yang cukup banyak.

Mari minum kopi, yang tentunya dengan kopi lokal Indonesia dan saatnya mencintai Indonesia melalui kopi lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *