Manfaat dan Efeksamping: 6 Tips Cara Jitu Mengurangi Bahaya Makan Ceker Ayam

Manfaat dan Efeksamping: 6 Tips Cara Jitu Mengurangi Bahaya Makan Ceker Ayam

Ceker ayam memang sangat enak apabila disajikan dengan kuah hangat seperti sop ayam, soto, dan gulai. Selain dengan menu kuah ceker ayam kini mulai menjadi trend di kalangan kuliner dengan banyak olahan dari ceker ayam.

Olahan ceker ayam ini bisa dijadikan snack seperti ceker goreng, ceker balado, sampai kripik ceker juga ada.

Salahsatu yang menyebabkan ceker ayam ini digemari adalah bagian dari ceker yang memiliki kulit empuk dan otot-otot halusnya.

Selain itu ada kandungan gizi yang terkandung dalam ceker ayam, hampir sama dengan mengkonsumsi daging ayam itu sendiri.

Ceker ayam juga memiliki kandungan zat kapur yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu baik untuk kesehatan kulit manusia serta membantu meningkatkan kesehatan sendi dan meningkatkan fungsi dari kelancaran persendian tubuh.

Ada juga manfaat lain dari ceker ayam yaitu, mampu membantu meningkatkan pembentukan dan pertumbuhan sel di dalam tubuh. Baik untuk perkembangan hormon dan juga antibodi.

Selain itu ceker ayam dapat mencegah penyakit jantung, ceker ayam juga banyak mengandung kalsium untuk kesehatan gigi dan tulang.

Begitu banyak kandungan yang terdapat dalam ceker ayam sehingga tidak salah makanan ini menjadi populer di kalangan masyarakat.

Selain banyak manfaat, ceker ayam juga memiliki harga yamg murah dibandingkan dengan harga daging ayam secara utuh.

Namun demikian, walaupun ceker ayam banyak manfaat bagi tubuh ada juga bahaya bagi kesehatan terutama wanita.

Bagi wanita yang suka mengkonsumsi  ceker ayam harap memperhatikan kembali untuk tidak sering mengkonsumsi ceker ayam. Ada bahaya yang mengintai bagi wanita yang sering mengkonsumsinya.

Bahaya Ceker Ayam untuk Wanita

Saat ini beberapa jenis ayam yang biasa dikonsumi memiliki bobot lebih besar bukan dengan asupan makanan yang baik. Banyak ayam yang diberikan suntikan hormon agar ayam berkembang lebih cepat dan segera bisa dipotong.

Ayam seperti ini biasanya dikatakan termasuk jenis ayam yang mengandung antibiotik karena proses penyuntikan yang menggunakan bahan kimia.

Perlu diperhatikan bagi wanita yang gemar mengkonsumsi ceker ayam bisa menyebabkan endometriosis atau kista coklat. Hal ini disebabkan oleh penyuntikan yang dilakukan terhadap ayam.

gula darah diabetes

Zat zat kimia  yang disuntikkan ke ayam ini bisa berpindah ke tubuh yang mengkonsumsi ceker ayam tersebut. Bagi wanita, zat ini lebih reaktif karena akan menambah sekresi hormon yang kemudian akan terakumulasi menjadi racun, yakni karsinogen.

Selain kista coklat, penyakit lain yang berpotensial terjangkit adalah kanker rahim, kanker servik, dan kanker payudara.

Selain penyakit yang disebabkan dari zat kimia, kondisi kebersihan ayam itu juga bisa berbahaya. Ceker ayam yang merupakan salah satu bagian dari unggas yang selalu bersentuhan langsung dengan segala kotoran yang ada di tanah.

Apabila dalam mengelola ceker ayam tidak baik dan benar, maka sisa sisa bakteri pada ceker ayam bisa masuk ke dalam tubuh.

Cara Mengurangi Bahaya Ceker Ayam

Bahaya makan ceker ayam bisa dikurangi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak bahaya makan ceker ayam.

Pertama. Sebelum ceker ayam di masak, bersihkan terlebih dahulu ceker ayam pada saat memotong, lalu potonglah bagian kuku dari ceker ayam, dan selalu merebus ceker ayam sehingga benar-benar matang.

Kedua. Hindari makan ceker ayam yang terlalu gemuk, karena kemungkinan memiliki kandungan hormon dan zat kimia tinggi.

Ketiga. Pilihlah ayam langsung dari para peternak yang menggunakan metode penggemukan tradisional dan tanpa penyuntikan hormon.

Keempat. Konsumsi ayam (ceker ayam) kampung atau ayam pejantan yang memiliki bobot tubuh lebih kecil dibanding dengan ayam potong biasa.

Kelima. Mengolah ceker ayam dengan baik dan benar, serta baiknya diolah sendiri ceker ayam dibanding dengan membeli ceker ayam matang.

Keenam. Usahakan jangan terlalu sering makan ayam (ceker ayam) yang gemuk secara berlebihan.

Tips tambahan, jika ayam adalah makanan kesukaan maka pilihlah bagian yang bermanfaat dari ayam tersebut, dan hindari makan bagian ceker ayam.

Disisi lain, terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Demikian, Semoga Bermanfaat. tetap Semagat dan Salam Bahagia dari ForediGel.my.id

Referensi Sahabat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *