4 Makanan Pengusir Bersin dan Obat Alami Alergi

alergi bersin

Perubahan suhu&hawa yang cukup drastis, siang sangat panas dan malam dingin berangin, membuat orang mudah bersin. Bersin bukan berarti virus flu akan menyerang, bersin itu menandakan respons alergi terhadap perubahan musim.

Anda tidak harus mendatangi dokter untuk menyembuhkannya. Ada beberapa jenis makanan tertentu bisa mengatasi masalah itu.

Madu Lokal

Nasihat untuk rutin mengonsumsi madu setiap hari, agar bersin karena alergi terobati mungkin benar. Madu lokal diproduksi tawon yang membawa serbuk sari dari tanaman di lingkungan terdekat, yang bisa menjadi vaksin alami bagi tubuh.

Serbuk sari itu merupakan alergen bagi tubuh, dan dengan mengonsumsi olahannya otomatis mengaktifkan sistem imunitas tubuh. Perlahan-lahan tubuh akan membentuk pertahanan alami untuk melawan alergi. Pastikan madu yang dikonsumsi belum diolah dan dihasilkan tawon daerah lokal.

Bawang Putih

Bawang putih berguna menyeimbangkan hormon tubuh, memperkuat jaringan penghubung (fibroblast), sel yang menjaga struktur kulit agar tetap kencang dan bersih. Jika fibroblast ini bertahan lama maka berarti tubuh menjadi semakin sehat.

Selain itu, bawang putih dilengkapi dengan antibiotik yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bumbu masak ini juga menjadi sumber antioksidan quercetin, antihistamin alami terbaik.

Bawang putih paling efektif jika dihancurkan lalu dibiarkan selama 15 menit untuk melepaskan bahan alaminya. Baru setelah itu aman dimakan mentah.

Nanas

Buah yang unik bentuknya ini kaya bromelain, enzim yang sangat kuat sebagai bahan antibengkak. Bromelain berguna mencairkan lendir yang membuat saluran pernapasan buntu. Disarankan agar tidak mengonsumsi daging nanas saja, tetapi juga inti nanas yang keras itu sebab kandungan bromelain terbanyak ada di bagian itu. Tapi untuk ibu hamil dilarang keras ya makan buah ini.

Ikan Makerel

Selain makerel, ikan salon dan sarden kaya kandungan lemak omega-3. Itulah lemak baik dan penting bagi kesehatan tubuh dan otak sebab tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Maka anda harus memperolehnya dari sumber lain.

Lemak omega 3 berguna sebagai antibengkak yang mengurangi risiko alergi. Sayuran seperti biji chia dan flaxseed juga menjadi sumber lemak terbaik untuk tubuh.

Bagi anda yang sedang mengalami sering bersin karena alergi disarankan untuk mengkonsumsi 4 makanan tadi, kesehatan adalah harta yang paling berharga bagi setiap insan manusia, jadi jaga baik-baik kesehatan kita, mencegah adalah hal yang lebih baik daripada terlanjut sakit. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *