Kista Ovarium, Berbahayakah? Tanda-Tanda dan Gejala Kista Ovarium

kista ovarium
ForediGel.my.id

Kista sudah tak asing lagi di telinga kaum hawa (wanita), tumor berbentuk kantung yang berisi cairan atau bahan setengah padat ini sering ditemukan pada perempuan usia produktif.

Apakah Berbahaya Kista Ovarium?

Kista biasanya berasal dari indung telur (ovarium) sehingga sering disebut kista ovarium, sebagian besar kista ovarium disebabkan perubahan kadar hormon pada siklus menstruasi dari pelepasan indung telur.

Dalam diri seorang wanita dapat tumbuh satu atau beberapa kista, kista ovarium sering dijumpai pada wanita usia reproduksi dan 95 persen jinak, sebagian dari kista itu menetap atau bahkan menghilang tanpa pengobatan atau operasi.

Pada usia menopause kegiatan indung telur menurun sehingga diharapkan kista akan mengecil atau menghilang, penyebab timbulnya kista sampai sekarang belum ada jawaban pasti. Namun diduga ada sel-sel yang mengalami perubahan sifat, kista umumnya tanpa gejala atau tanda.

Bila kista terpelintir atau pecah akan menimbulkan rasa sakit terutama pada perut bagian bawah, bila kista besar perut terasa membesar dan perasaan penuh dan kadang kadang menstruasi akan terasa sakit.

Diagnosis dapat dilakukan dengan pemeriksaan dalam rongga panggul, ultrasonografi (USG) melalui perut atau vagina, pemeriksaan darah khususnya tes penanda tumor CA 125, pemeriksaan klinik dan penunjang untuk membantu perencanaan pengobatan dan jenis operasi.

Pada umumnya kista di ovarium tidak ganas tetapi ada yang bersifat kanker, walaupun tidak ganas kista di ovarium biasanya mengganggu siklus menstruasi dan menimbulkan rasa nyeri di perut bagian bawah, karena itu jika terdapat kista sebaiknya segera minta penanganan dokter ahli.

Kista yang bersifat fisiologis lazim terjadi dan itu normal saja, sesuai siklus menstruasi di ovarium timbul folikel dan folikelnya berkembang yang gambarnya seperti kista, biasanya kista tersebut berukuran dibawah 5 cm dan dalam 3 bulan akan hilang.

Jadi kista yang bersifat fisiologis tidak perlu operasi karena tidak berbahaya dan tidak menyebabkan keganasan. Pada usia menopause kegiatan indung telur menurun sehingga diharapkan kista akan mengecil atau bahkan menghilang.

Kista mengarah ke kanker apabila terjadinya pembesaran perut yang cepat, teraba atau terasa benjolan padat dalam perut, mual atau nyeri ulu hati yang tidak menghilang, hilang nafsu makan, berat badan menurun dan perasaan nyeri dirongga panggul. Pada beberapa kasus kista memerlukan tindakan operasi segera apabila diameternya lebih dari 5 cm dan telah diobservasi 6-8 minggu tanpa ada pengecilan tumor.

Kista ovarium yang bersifat ganas disebut kanker ovarium. Kanker ovarium merupakan penyebab kematian terbanyak dari semua kanker ginekologi, angka kematian akibat penyakit kanker ovarium cukup tinggi karena penyakit ini awalnya tanpa gejala dan tanpa menimbulkan keluhan.

Pada stadium lanjut, baru penderita merasakan ada yang tidak beres, penyakit ini juga disebut sebagai silent killer. Sampai sekarang belum ada deteksi dini yang sederhana untuk memeriksa adanya keganasan kanker ovarium, berbeda dengan kanker serviks (mulut rahim) yang bisa dideteksi dini dengan papsmear.

Untuk menurunkan resiko keganasan kanker ovarium, orang yang menggunakan pil KB resiko terjadinya kanker ovarium pada mereka bisa lebih kecil. Kanker ovarium terjadi kalau ovariumnya aktif dan mengalami pertumbuhan folikel.

Tapi dengan menggunakan kontrasepsi hormonal terutama pil KB proses itu pada ovarium ditekan sehingga resiko terjadi keganasan pada ovarium akan menurun. Faktor yang dapat menyebabkan kanker cukup banyak adalah makanan yang tinggi akan lemak, kurang serat, zat-zat tambahan sintetik pada makanan, kurang olahraga, merokok, polusi, virus, stress dan masih banyak faktor penyebab yang lain.

Pokoknya gaya hidup yang tidak sehat berpotensi memicu dan memacu pertumbuhan kanker. Faktor genetik juga akan berpengaruh, ada sebagian orang yang secara genetik lebih besar kecenderungannya untuk menderita kanker, ada pula orang yang secara genetik lebih kecil kemungkinannya terserang kanker.

Sebab itu jika dalam riwayat kesehatan keluarga ada beberapa orang yang diketahui menderita kanker anda harus lebih waspada menghindari faktor-faktor lain yang dapat memicu kanker, anda harus lebih selektif untuk memilih makanan yang sehat, lebih teratur melakukan olahraga setiap hari, jangan merokok dan minum minuman beralkohol dan hindari hidup diantara para perokok.

Dalam tubuh kita terdapat gen-gen yang potensial memicu kanker yaitu yang disebut protoonkogen. Karena suatu sebab tertentu misalnya karena makanan yang bersifat karsinogen (karsinogen artinya dapat menyebabkan kanker), polusi, atau terpapar pada zat-zat kimia tertentu, atau karena radiasi, protoonkogen ini dapat berubah menjadi onkogen (yaitu gen pemicu kanker).

Gejala dan Tanda-Tanda Kanker Ovarium

Gejala umum kista ovarium sangat bervariasi dan tidak spesifik, pada stadium dapat berupa gangguan haid, jika tumor sudah sudah menekan rektrum atau kandung kemih mungkin terjadi konstipasi atau sering berkemih.

Dapat juga terjadi peregangan atau penekanan daerah panggul yang menyebabkan nyeri spontan atau nyeri pada saat bersenggama. Pada stadium lanjut gejala yang terjadi berhubungan dengan adanya asites (penimbunan cairan pada rongga perut), penyebaran ke omentum (lemak perut) dan organ-organ di dalam rongga perut lainnya seperti usus dan hati, perut membuncit, kembung, mual, gangguan nafsu makan, gangguan buang air besar dan buang air kecil.

Penumpukan cairan bisa juga terjadi pada rongga dada akibat penyebaran penyakit ke rongga dada yang mengakibatkan penderita merasa sesak nafas. Karena sebagian besar dari kasus kanker ovarium bermula dari suatu kista, maka apabila pada seorang ditemukan suatu kista ovarium harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah kista tersebut bersifat jinak atau ganas (kanker ovarium).

Yang perlu diwaspadai apabila kista cepat membesar, dialami wanita usia remaja atau pasca menopause dan kista dengan dinding yang tebal dan tidak berurutan. Kista ovarium bersifat neoplasti, ada yang jinak dan ganas, kista ovarium yang jinak sebaiknya diangkat, diusahakan kista keluar secara utuh kemudian dilakukan pemeriksaan ke laboratorium Patologi Anatomik, apabila hasil pemeriksaan bukan kanker operasi selesai.

Sebaliknya bila hasilnya kanker ovarium operasi dilanjutkan dengan mengangkat rahim dan melakukan pengambilan kelenjar getah bening dipanggul. Jadi jangan mengobati kista ovarium dengan pengobatan tradisional sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli.

Kista Ovarium Yang Mengarah ke Kanker

  • Terjadinya pembesaran perut yang cepat.
  • Teraba atau terasa ada benjolan padat dalam perut.
  • Mual atau nyeri ulu hati.
  • Hilang nafsu makan.
  • Berat badan menurun.
  • Nyeri dirongga panggul.

Jangan remehkan KISTA pada Anda walaupun menurut penelitian 80% kista itu jinak, karena kista bisa :

  • Membunuh janin Anda.
  • Mengakibatkan Kanker, terutama pada mulut rahim (serviks).
  • Membuat Anda dalam kemandulan.

Kapsul Herbal Ladyfem adalah solusi untuk itu semua, kapsul ladyfem berkerja menormalkan dan memaksimalkan kerja hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita, serta membersihkan dinding-dinding rahim dari segala ancaman virus, bakteri dan sel-sel jahat. Jangan tunda Kista Anda membesar untuk berobat, Jangan tunda minum kapsul Ladyfem kalau Anda takut operasi pengangkatan Kista.

Yuuuk sayangi diri Anda, bahagia kan suami Anda dan sambut kedatangan bayi dalam kandungan Anda dengan sehat dan selamat.

Kapsul Herbal Rekomendasi Boyke Ampuh Atasi Kista & Keputihan

ladyfem
Meningkatkan Libido Wanita

Demikian informasi sedikit tentang kista ovarium, semoga bermanfaat.

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

7 Comments


  1. Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sinta, saya seorang ibu rumah tangga dan belum mempunyai keturunan, saya kemarin melakukan USG dan terkena kista sebesar 3,4 cm. Kata dokter kista saya mempengaruhi kandungan saya bila kista tidak diangkat. Mohon solusinya dan terima kasih

    Reply

    1. Selamat pagi semoga sejahtera selalu, baik bu Sinta semoga jawaban ini bermanfaat untuk ibu, kista adalah suatu benjolan kecil yg berisi air yang tumbuh didalam rahim ini disebut kista ovarium, sebenernya kebanyakan kista bersifat jinak dan bisa hilang dengan sendirinya, walaupun begitu kita jangan meremehkan kista dengan memandang sebelah mata, karena penanganan kista yg tidak tepat atau ditunda tunda akan menyebabkan kista berujung pada kanker rahim atau kanker serviks, bahkan ketika ibu hamil mengalami kista maka bisa jadi mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin. Jika boleh kami menyarankan bu Sinta bisa mengkonsumsi kapsul Ladyfem rekomendasi Boyke, Ladyfem adalah ramuan herbal tanpa efek samping yang bekerja membersihkan dinding-dinding rahim dari bahaya virus, bakteri, jamur dan sel-sel jahat penyebab masalah pada ovarium dan Ladyfem juga bekerja memaksimalkan produksi dan menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron sehingga bisa mengatasi pertumbuhan kista agar tidak membesar dan menghancurkan kantung-kantung penyebab kista. Demikian sedikit info dari kami semoga mmbantu dan bermanfaat, salam hangat dan sehat selalu dari ForediGel.my.id

      Reply

      1. Apakah dengan mengkonsumsi obat Ladyfem kista saya akan segera sembuh atau mengecil?

        Reply

        1. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengatur konsumsi makanan sehat dan seimbang setelah konsumsi Ladyfem serta menjauhi makanan yg memicu terjadinya kista dipastikan Lasyfem akan bekerja optimal dan bu Sinta akan segera mendapatkan efek positif dari konsumsi ladyfem

          Reply

        2. Bagaimana caranya untuk mendapatkan atau membeli obat ladyfem pak? Dan berapa harganya pak?

          Reply

          1. Untuk order Kapsul Ladyfem atau produk abe yg lain cukup via sms saja dengan format ketik
            1.NAMA LENGKAP
            2.ALAMAT LENGKAP
            3.NAMA ORDER + JUMLAHNYA
            4.VIA BANK YANG DIGUNAKAN TRANSFER

            Kirim ke nomor 0857 5555 4485

            contoh :
            Sinta – jl.kemerdekaan 17 RT.19 RW.45 Surabaya 54321 – 2 box Ladyfem – via BCA

            Kami nanti akan membalas sms Anda dengan rincian biaya kirim dan nomor rekening kami untuk transfer, setelah konfirmasi transfer ada dan masuk kami akan segera memproses dan melakukan pengiriman

            Untuk harga Kapsul Ladyfem 1 Box isi 30 kapsul Rp. 240.000


          2. Baik terima kasih atas informasi dan bantuannya. Selamat siang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *