Kiat Supaya Kehamilan Sehat dan Sukses

kehamilan
ForediGel.my.id

Ketika hamil semua ibu pasti menginginkan kehamilan yang sehat, tidak saja bagi dirinya tetapi juga bagi calon bayi yang dikandungnya, tentu saja untuk meraih kehamilan sehat tidak begitu saja datangnya diperlukan kerja keras mulai dari tahap pra kehamilan, waktu hamil hingga persalinan.

Hal ini karena kehamilan sehat adalah kehamilan yang tidak membawa si ibu jatuh kedalam penyakit yang membahayakan serta perkembangan dan pertumbuhan bayi sesuai dengan kehamilan normal dan tidak dijumpai kelainan bawaan.

Oleh karena itu pada dasarnya kehamilan merupakan sesuatu yang mesti direncanakan, dengan demikian sebelum seorang ibu merencanakan ingin hamil maka ia harus menyiapkan diri untuk menerima kehamilan.

Persiapan yang sangat penting adalah mengatur nutrisi, maksudnya mengatur nutrisi disini adalah agar ibu mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur mayur serta biji-bijian dalam diet sehari-hari.

Hindari pemakaian obat yang tidak perlu serta usahakanlah minum asam folat selama beberapa bulan sebelum kehamilan, karena zat tersebut sangat di perlukan dalam kehamilan.

Kehamilan sehat juga berarti skrining pra kehamilan. Skrining ini di perlukan karena sangat membantu untuk mendiagnosis penyakit pada ibu yang kelak dapat mempengaruhi janin. Misalnya thalasemia, anemia, diabetes mellitus, hepatitis dan yang lainnya.

Beberapa pemeriksaan prenatal yang sering di lakukan adalah pemeriksaan darah lengkap, urinalissi (analisa urin), gula darah, penyakit menular seksual serta TORCH. Maka dari itu, begitu di pastikan hamil, kunci pertama untuk mendapatkan kehamilan sehat adalah pemeriksaan kehamilan teratur, yang meliputi pemeriksaan fisik, USG serta pemeriksaan darah secara serial.

Terdapat beberapa macam pemeriksaan darah untuk mendeteksi kelainan bawaan janin di antaranya pemeriksaan kadar serum AFP (alpha feto proterin) untuk mendeteksi kelainan di tulang belakang janin serta triple test untuk mendeteksi Sindroma Down.

Latihan fisik juga perlu dilakukan terutama untuk menjaga agar sirkulasi darah ibu cukup lancar serta kebugaran ibu tetap baik selama kehamilan. Banyak jenis latihan fisik yang boleh di lakukan ibu hamil di antaranya jalan santai, berenang, yoga serta senam ibu hamil.

Porsi latihan di sesuaikan dengan kondisi masing-masing ibu hamil, tidak boleh di paksakan. Dan untuk memastikan apakah suatu kehamilan sehat atau tidak, maka ibu harus memeriksakan ke dokter sepesialis kandungan.

Meski begitu ada beberapa tanda normal yang terjadi pada kehamilan sehat , di antaranya mual dan muntah yang di sebabkan perubahan hormonal, yakni meningkatnya hormon progesteron. Hal itu terjadi terutama pada pagi hari.

Untuk meredam mual dan muntah, sebaiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil tapi sering. Di samping itu cepat lelah, sering berkemih dan keluar bercak dari vagina, merupakan salah satu tanda normal kehamilan asal tidak banyak.

Begitu juga dengan mengidam, berat badan bertambah, payudara dan puting membesar serta kulit terlihat lebih gelap, yang biasanya terjadi pada trisemester 2 (hamil 4-6 bulan). Tanda lainnya adalah gerakan bayi mulai dapat di rasakan pada kehamilan 20 sampai 22 minggu.

Pada saat itu indra pendengaran janin sudah mulai dapat di lakukan.  Pada pertengahan trisemester ke-2, mual dan muntah yang dirasakan ibu sudah mulai hilang sehingga ibu lebih merasa segar dan bertenaga. Denyut jantung ibu akan meningkat frekuensinya, begitu juga dengan volume darah ibu secara keseluruhan akan meningkat 30% dari normal. Pada trisemester 3 (hamil 6 sampai 9 bulan) banyak tanda yang akan terjadi misalnya timbul strecthmark di perut dan paha ibu.

Pada saat itu ibu juga kadang mengeluarkan kolostrum. Pada trisemester 3, banyak ibu akan merasa kepanasan, berkeringat dan perasaan tidak nyaman. Tendangan dari janin dalam perut ibu dapat terasa menyakitkan, ibu  juga  sering merasa nyeri di bagian pinggang sehingga ibu akan sulit merasa nyaman.

Pada kehamilan 36 minggu, kepal bayi akan masuk kedalam panggul. Hal itu akan menyebabkan tekanan di perut atas ibu akan berkurang sehingga ibu dapat bernafas lebih baik tetapi dilain pihak turunnya kepala akan menyebabkan ibu sering berkemih.

Demikian juga penambahan berat badan selam hamil harus berkisar antara 11 sampai 13 kg, biasanya ibu hamil akan memerlukan tambahan 300 kalori dalam dietnya setiap hari. Pada trisemester 1, pertambahan berat badan berkisar 1,5 sampai 2 kg, kemudian pertambahan berat menjadi 0,5 sampai 1 kg per minggu sampai janin lahir.

masalah pencernaan
Solusi Sehat Untuk Pencernaan dan Langsing

Demikian informasi ini dan semoga bermanfaat serta mudah-mudahan segera diberi momongan. Terima kasih.

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *