Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih

Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih

Khasiat Bawang Merah

Bawang merah adalah jenis umbi yang sudah dikenal sejak jaman manusia purba ribuan tahun lalu yang digunakan dalam berbagai macam kepentingan, rekaman-rekaman kisah yang ditulis mengenai bawang merah juga memenuhi tempat-tempat islam peninggalan mesir kuno seperti diatas daun lontar dan dinding kuil ritual para firaun, mereka juga meletakkan bawang merah bersama jasad mumi raja sebagai tanda untuk bernafas saat sang raja dibangkitkan kembali. Para tabib mesir kuno meresepkan bawang merah sebagai obat untuk memperlancar air seni, memperbaiki gizi dan nafsu makan, bahkan dalam bahasa mesir kuno kata tempat ibadah dikaitkan dengan bawang dan berderivasi menjadi kata basyal atau bawang merah dalam bahasa arab, dalam salah satu rekaman-rekaman kisah dikatakan bahwa tumbuhan bawang merah ditemukan didekat jasad firaun ebris sejak masa 150 tahun sebelum masehi, para arkeolog juga menemukan bawang merah dekat dengan jasad mumi firaun ramses 3 yaitu 1 butir ditemukan dirongga mata dan 1 butir lagi diketiak sebelah kiri. Pada masa itu bawang merah adalah salah satu unsur menu makanan harian para pekerja bangunan agar mereka sehat dan kuat untuk pembangunan piramid.

Dalam dunia medis modern bawang merah mengandung zat allicin yang dikenal dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi akibat penyempitan pembuluh nadi, bawang merah juga diyakini dapat membunuh bakteri dimulut dan perut sehingga berdampak peluang pertumbuhan usia dan pencegahan kanker. Bahkan dalam sejumlah riset terkini di universitas New Castle di Inggris menyebutkan bahwa bawang merah dapat mengurangi pembekuan pembuluh darah, penumpukkan trombosit dan penggumpalan dalam darah, sebagai umbian yang banyak khasiatnya mungkin sebaiknya anda mengkonsumsi olahan bawang merah maupun bawang merah mentah untuk mengobati penyakit kanker hati, jantung, anemia dan diabetes.

Khasiat Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis umbi dengan 1000 khasiat, bagaimana tidak? sejumlah penelitian mengatakan bahwa bawang putih dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sebagai jenis umbi yang mengandung lebih dari 100 unsur kimiawi dan zat Allicin para peneliti menyakini bahwa zat tersebutlah yang bertanggung jawab bagi efektifitas senyawa biologis pada bawang putih, bawang putih juga digunakan sebagai unsur obat yang diolah menjadi bentuk tablet dan beberapa unsur lainnya yang menggunakan olahan ekstrak minyak bawang putih, bawang putih olahan tablet umumnya mengandung kadar zat allicin yang terbatas, melalui analisis dan pengujian yang dilakukan 13 riset dan dipublikasikan pada tahun 2002 para ahli menemukan bahwa penggunaan ekstrak tablet bawang putih ternyata mampu menurunkan kolesterol sampai 6%.

Dalam sebuah studi terhadap 146 orang relawan Inggris menyatakan bahwa bawang putih dapat juga mengendalikan penyakit malaria, mengobati diabetes dan memperkuat tulang karena mengandung kalsium yang berguna bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, selain itu juga dapat menutrisi otak dan memperkuat memori karena mengandung fosfor serta dapat mengobati radang sendi dan encok.

Tanpa kita sadari bahwa begitu banyak khasiat bawang merah dan bawang putih yang selama ini kita hanya mengenal sebagai pelengkap bumbu masakan saja dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *