Gejala dan Pencegahan Bahayanya Usus Besar Usus Besar Sumber Penyakit - Waspadai

Gejala dan pencegahan Bahayanya  Usus Besar

Usus manusia merupakan organ penting yang harus senantiasa dijaga kesehatan. Organ pencernaan yang berperan penting sebagai salah satu tempat penampungan sisa-sisa makanan ini tidak boleh dianggap remeh.

Apabila timbul penyakit pada sistem pencernaan ini, maka akan timbul bahaya usus besar yang harus memerlukan penanganan khusus.

Salah satu bahaya usus besar yang wajib kita waspadai adalah kanker usus besar. Kanker usus umumnya akan menyerang bagian usus besar manusia karena beberapa faktor.

Bahaya usus besar yang bisa mengakibatkan kanker bisa menyerang siapa saja, walaupun pada sebagian besar penderita penyakit ini adalah orang yang berusia diatas 60 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga usia dibawahnya apabila pola hidup kita tidak juga berubah.

Penyebab timbulnya penyakit usus besar bisa karena beberapa faktor seperti akibat infeksi bakteri, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, kurangnya konsumsi serat dan mineral, dan sering memakan makanan pedas.

Selain faktor diatas, penyakit usus besar bisa karena pengaruh penyakit sebelumnya seperti penyakit cacingan, pembesaran limfoid dan sebagainya.

Berikut Macam-Macam Bahaya Usus Besar dan Gejalanya Yang Bisa Muncul Diantaranya:

  1. Radang Usus Besar

Bahaya usus besar tidak begitu saja terjadi tanpa ada hal atau pemicu yang bisa mengakibatkan usus besar meradang atau timbul awal suatu penyait.

Awal bahaya usus besar bisa dipicu karena adanya sumbatan di muara saluran usus karena tinja atau feses yang berada disekitar anus terperangkap dan akhirnya mengeras.

gejala dan pencegahan bahaya usus besar

Bila terlalu lama tidak dikeluarkan, lama-kelamaan kondisi ini bisa mengakibatkan timbulnya kondisi dimana usus usus di bagian anus dapat pecah sehingga bisa menginfeksi rongga perut dalam.

Gejala Bahaya Usus Besar umum yang sering timbul yakni:

  • Keluar lender hingga darah dari anus
  • Perut terasa nyeri saat buang air besar
  • Tubuh terasa lelah, sesak nafas hingga pusing yang hebat
  • Mudah lapar walaupun sudah makan
  • Sering mengalami kram perut
  • Pendarahan pada rektrum karena lambung atau usus tertekan
  • Wajah terlihat pucat
  • Bisa mengakibatkan malnutrisi dan tubuh terlihat kurus
  • Hati akan mengalami pembesaran dan pelebaran saluran limpa
  1. Kanker Usus Besar

    Kanker usus besar harus diwaspadai sejak dini. Banyak orang juga tidak menyadari awal mula penyakit ini bisa muncul seperti tumor atau benjolan dalam usus besar.

    Banyak faktor yang bisa memicu kanker usus besar yaitu merokok, obesitas, diabetes, usia tua, kurang gerak (gaya hidup pasif), konsumsi alkohol, radang saluran pencernaan, makanan rendah serat, sering konsumsi makanan tinggi lemak, hingga faktor genetic atau memiliki catatan sejarah keluarga dengan kanker usus besar atau polip.

    Gejala Kanker Usus Besar Yakni:

  • Anemia dan lemah
  • Bentuk kotoran panjang dan kecil
  • Tidak nyaman di area perut, kejang perut dan kembung hingga nyeri
  • Pendarahan pada dubur
  • Sering diare (konstipasi)

Apabila usus besar sudah mengalami radang atau timbulnya tanda-tanda penyakit serius, maka harus segera diatasi. Agar bahaya usus besar tidak melanda, maka hal utama yang harus kita ketahui yaitu pencegahan.

Cara mencegah agar terhindar dari bahayanya penyakit usus besar diantaranya yaitu dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup.

Perhatikan konsumsi makanan seperti makan makanan yang kaya akan serat tinggi. Hindari atau kurangi mengonsumsi makanan sumber lemak seperti telur, susu, daging, minyak yang berlebihan. Jangan lupa rutinkan olahraga untuk memperlancar metabolisme pencernaan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai gejala dan pencegahan bahaya usus besar bagi kita. Sebaiknya lindungi usus kita sejak dini daripada dikemudian hari menyesal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *