Ini Faktor Penyebab Telat Haid, Jangan Panik

Ini Faktor Penyebab Telat Haid

Menstruasi, haid atau datang bulan adalah tamu yang harus hadir setiap bulan pada wanita produktif, baik itu wanita muda maupun wanita tua, menstruasi terjadi karena sel telur yang sudah siap dibuahi tidak terjadi pembuahan, menstruasi ada yang teratur ada juga yang tidak siklusnya. Ketika seorang wanita mengalami terlambat datang bulan padahal belum pernah berhubungan seks, akibatnya timbul kekhawatiran yang menghantui. Jangan panik, ladies!

Ada Beragam Faktor yang Memicu Anda Terlambat Datang Bulan atau Haid

Stres

Stress akan mempengaruhi banyak hal dalam hidup termasuk siklus menstruasi. Ketika sedang dalam tekanan, tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH yang menyebabkan tubuh wanita tidak berovulasi atau tidak haid. Setelah masalah selesai atau mendapat bantuan dari dokter, haid umumnya bisa normal kembali. Sebagian besar stres menjadi ancaman besar yang rawan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Menurut penelitian, suasana hati yang kalut dan berujung stres, akan mengganggu fungsi hormonal secara normal.

Kegemukan

Terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan wanita kembali mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun. Jika Anda punya berat badan lebih dari 92 kg, itu dianggap mengalami obesitas. Bahkan kalau Anda sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, maka obesitas bisa menjadi penyebabnya.

Gangguan Pola Makan

Perubahan jadwal hidup akan mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Hal ini umumnya terjadi pada karyawan yang sering mengalami perpindahan jam kerja siang ke malam dan sebaliknya. Faktor ini menyebabkan tamu bulanan menjadi tidak teratur atau telat datang setiap bulan. Bila Anda mengalami gangguan pola makan akibat sesuatu hal, ternyata dapat menyebabkan organ intim Anda tidak berfungsi dengan baik. Perlu digarisbawahi, itulah penyebab Anda mengalami gangguan menstruasi terus-menerus setiap bulan.

Perjalanan Jauh

Wanita yang sering bepergian jauh ke negara lain, mungkin Anda juga akan menghadapi masalah terlambat datang bulan. Penyebabnya tubuh Anda terlalu lelah dan beradaptasi dengan lingkungan baru yang sangat tidak mudah.

Sakit

Sakit yang diderita dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat haid telat datang. Biasanya hal seperti ini bersifat sementara, setelah sakit sembuh maka datang bulan akan normal kembali.

Terlalu Kurus

Kebalikan dengan kegemukan, terlalu kurus juga menyebabkan seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat menyebabkan haid berhenti sama sekali.

Salah Hitung

Normalnya panjang satu siklus menstruasi wanita adalah 28 hari, tapi ini bukan paten pada semua wanita. Siklus menstruasi berbeda pada setiap wanita. Terkadang ada yang menyebut haidnya terlambat datang  atau telat bulan padahal yang benar adalah salah hitung. Penyebabnya karena siklus menstruasi kadang datang tidak teratur setiap bulannya.

Konsumsi Obat

Mengkonsumsi obat baru atau sedang dalam pengobatan akan mempengaruhi siklus bulanan wanita. Contoh obat yang dapat memperlambat haid datang adalah obat sakit telinga dan obat gatal-gatal. Jika anda dalam masa penyembuhan dan konsumsi obat, sedangkan anda mengalami telat datang bulan sebaiknya anda hentikan atau kurangi konsumsi obat untuk sementara.

Ketidak Seimbangan Hormon

Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Jika terjadi ketidak seimbangan, wanita pun cenderung terlambat atau bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.

Olahraga Terlalu Aktif

Wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga terlalu berat biasanya juga bermasalah dengan siklus menstruasinya. Tubuh yang kelelahan, stres, dan tenaga yang terkuras habis membuat menstruasi datang terlambat. Lakukanlah olahraga ringan jika anda sering mengalami telat datang bulan, seperti senam atau jogging dipagi hari, toh dengan hanya melakukan olahraga ringan tersebut tubuh anda akan tetap sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *