Daun Sirih Bisa Untuk KB

Daun Sirih untuk KB

Keluarga berencana (disingkat KB) adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Itu bermakna adalah perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.

Jumlah anak dalam sebuah keluarga yang dianggap ideal adalah dua. Gerakan ini mulai dicanangkan pada tahun akhir 1970-an.

Tujuan keluarga berencana di Indonesia adalah:

Tujuan umum

Meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.

Tujuan khusus

  • Meningkatkan jumlah penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi.
  • Menurunnya jumlah angka kelahiran bayi.
  • Meningkatnya kesehatan keluarga berencana dengan cara penjarangan kelahiran

Program keluarga berencana atau bahasa mudahnya KB sudah menjadi suatu program yang harus diperhitungkan demi kesejahteraan keluarga. Namun, tidak semua jenis KB cocok dengan tubuh perempuan.

Ada juga orang yang justru tidak cocok melakukan KB, baik dengan menggunakan suntik, konsumsi pil KB, maupun spiral. Jenis-jenis KB tersebut bisa saja membuat tubuh menjadi kurang sehat, rentan terhadap penyakit, atau bahkan mengalami hambatan dalam siklus menstruasi.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, bidan, atau pihak yang berkaitan untuk menemukan solusi terbaik untuk menjalankan program keluarga berencana ini.

Jika setelah menggunakan berbagai jenis alat KB tidak memungkinkan, kamu bisa juga menggunakan bahan alami untuk menjaga jarak kehamilan dengan mengonsumsi ramuan daun sirih.

Adapun caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dengan air sebanyak tiga gelas. Rebus hingga air tersisa satu gelas. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan sirih tersebut pada waktu pagi dan sore hari sebanyak dua kali sehari. Jika kamu sudah ingin menghentikan KB atau sudah ingin punya momongan lagi, kamu bisa menghentikan konsumsi air rebusan daun sirih. Jika anda tidak suka rasa pahit anda bisa menambahkan sedikit gula, sebaiknya anda menggunakan gula batu atau gula merah agar khasiat daun sirih tidak berkurang.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *