Dampak Buruk Minum Kopi Pada Malam Hari Akan Merusak Jam Tubuh

dampak buruk minum kopi pada malam hari merusak jam tubuh

Bagi pecinta kopi, tidak lengkap rasanya jika sehari tanpa minum kopi, apalagi buat perokok aktif kopi dan sebatang rokok adalah pasangan sejati yang tidak bisa dipisahkan, kopi dan rokok adalah teman dari orang yang sering begadang, dan akan sulit untuk ditinggalkan.

Negeri kita Indonesia adalah penghasil kopi terbesar nomor 7 didunia. Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) mencatat bahwa konsumsi kopi orang Indonesia terus naik sejak tahun empat tahun silam. Hal ini terungkap dari hasil survei asosiasi terkait kebutuhan kopi yang naik sebesar 36 persen sejak tahun 2010 hingga 2014.

Menurut data AEKI, pada 2010 konsumsi kopi Indonesia mencapai 800 gram per kapita dengan total kebutuhan kopi mencapai 190 ribu ton. Sedangkan pada 2014, konsumsi kopi Indonesia telah mencapai 1,03 kilogram per kapita dengan kebutuhan kopi mencapai 260 ribu ton.

Kopi yang diminum di malam hari akan menyetel ulang jam internal tubuh yang bertugas mengatur berbagai fungsi biologis dan gen menurut siklus harian pada malam atau siang hari.

CNN Indonesia mengabarkan bukti penelitian menunjukkan bahwa efek kafein lebih dari sekadar membuat seseorang sulit untuk tidur. Para ilmuwan melaporkan, minum kopi dengan kandungan setara double espresso, tiga jam sebelum tidur, dapat mengubah jam tubuh kembali ke satu jam lebih awal.

Penelitian ini menyebutkan bahwa kafein yang dikonsumsi malam hari dapat memicu melonjaknya hormon melatonin. Hormon ini, seperti dilansir Detikcom, berperan dalam kegiatan mengatur siklus tidur sampai bangun dan persepsi gelap-terang manusia. Produksi hormon melatonin yang berlebih dapat mengacaukan siklus-siklus tersebut dan secara tidak langsung turut menggangu proses sistem organ tubuh yang lain.

Dream.co.id menyebutkan sebuah espresso dobel yang diminum tiga jam sebelum tidur dapat menunda produksi hormon melatonin sekitar 40 menit, sehingga seseorang menjadi sulit untuk tertidur.

Dr John O’Neill dari Medical Research Council of Molecular Biology di Cambridge mengatakan, malam hari adalah waktu yang kurang baik untuk mengonsumsi kopi.

“Jika Anda lelah dan minum kopi di malam hari, maka itu adalah ide yang buruk. Karena Anda akan merasa lebih sulit untuk tidur sehingga tubuh Anda tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup,” ujar O’Neill.

Sidomi menyebut kopi selama ini menjadi minuman untuk sebagian orang yang sedang kerja lembur atau mendapatkan giliran malam dalam pekerjaannya. Kopi dinilai bisa membantu membugarkan tubuh sehingga bisa tetap bertahan dengan pekerjaan di tengah malam. Namun dalam bagian lain pada panelitian ini dikatakan bahwa kafein bisa mengubah jam kimia yang bedetak di setiap sel tubuh seseorang.

Jadi usahakan minum kopi jangan diatas jam 19.00 malam, hindari kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang yaitu minum kopi pada malam hari. Anda bisa mengurangi atau mengganti minum kopi dengan minum susu atau teh, susu dan teh akan lebih bagus untuk kesehatan dan yang jelas susu dan teh mengandung banyak manfaat untuk tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *