Cara Tepat Membersihkan Vagina Agar Tetap Terjaga Kebersihan dan Kesehatannya

cara tepat membersihkan vagina agar tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya

Vagina adalah salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perhatian ekstra supaya kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga. Meskipun vagina itu memiliki mekanisme tersendiri agar tetap bersih serta menjaga ekosistemnya supaya tetap sehat.

Diungkapkan Jessica Shepherd, MD, ginekolog di University of Illinois, Chicago umumnya dari kadar pH 0-14, vagina memiliki kadar pH 3,5 sampai 4,5. Sementara, jika Anda membasuh vagina dengan produk kebersihan misalnya sabun badan yang memiliki pH kurang lebih 8, maka pH di vagina akan terganggu. Akibatnya, bisa muncul gatal, iritasi, dan bau tak sedap.

“Sabun tanpa wewangian lebih baik digunakan. Apalagi, sabun tanpa wewangian yang umumnya berbentuk batangan tidak mengandung banyak alkohol. Namun, Anda harus tetap waspada jika tiba-tiba timbul gatal konstan, kekeringan vagina, keputihan, atau infeksi ragi,” kata Shepherd.

Jika vagina tidak dibersihkan, sementara selama satu hari Anda tidak terlalu berkeringat, menurut Shepherd hal itu tidak masalah. Namun, akan lebih baik jika minimal Anda rutin membersihkan vagina satu hari sekali. Begitupun ketika membersihkan vagina dilakukan terlalu sering, misalnya lebih dari sekali sehari, keseimbangan pH di vagina bisa terganggu.

“Jika merasa kurang nyaman, Anda bisa menyeka vagina dengan handuk lembut yang dibasahi air hangat. Jangan gunakan alat penggosok seperti yang umum digunakan pada badan karena itu akan membuat area kewanitaan iritasi dan terluka. Akibatnya, infeksi akan lebih mudah terjadi,” pesan Shepherd.

Ia juga mengingatkan bahwa douching tidak perlu dilakukan. Soalnya, di vagina terdapat bakteri baik dan juga jahat. Ketika douching dilakukan, terutama jika berlebihan, bukan tak mungkin bakteri yang baik akan mati sehingga lebih banyak kesempatan bagi bakteri jahat untuk menyelinap ke dalam vagina. Akibatnya, bisa timbul infeksi, bacterial vaginosis, atau masalah lainnya.

Dan sekarang banyak beredar sabun khusus kewanitaan yang berbeda komposisi dan pH nya dipasaran, sebaiknya teliti sebelum membeli dan memakainya, karena jika pH dan komposisi sabun khusus kewanitaan yang tidak cocok dengan vagina anda maka akan percuma hasilnya dan lebih-lebih akan membuat vagina anda terganggu.

Kami memberikan informasi pada anda yang sedang mencari produk yang tepat untuk menjaga kebersihan dan menjawab tentang permasalahan vagina anda, bagi anda yang sedang mengalami keputihan berkepanjangan, iritasi bahkan sampai menimbulkan infeksi, anda bisa membaca tentang produk TISU DOUBLE MAJAKANI yang 100% aman tanpa efek samping, karena terbuat dari ramuan herbal berkualitas serta produk yang pertama di Indonesia yang direkomendasi oleh pakar kesehatan reproduksi Boyke Dian Nugraha.

Jangan menyepelekan dan menunda-nunda permasalahan yang timbul pada vagina anda, karena jika permasalahan itu dibiarkan dalam jangka panjang akan membuat kesehatan dan keharmonisan keluarga anda terganggu.

Cegah kanker serviks sedini mungkin, karena pembunuh nomor 1 wanita didunia adalah kanker serviks yang tidak mengenal wanita muda maupun yang tua. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

tisu majakani
Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *