Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil

mengatasi mual saat hamil
ForediGel.my.id

Perasaan tidak enak atau mual-mual dipagi hari (morning sickness) yang umumnya dialami wanita hamil memang bukan hal aneh, istilah ini disebut juga mengidam karena rasa mual jadi mendingan bila wanita hamil yang mengalaminya mengkonsumsi makanan yang enak untuk perutnya.

Morning sickness terjadi karena calon janin mengeluarkan hormon Beta HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang menimbulkan antara lain rasa mual yang muncul dipagi hari, ini karena sepanjang malam ibu hamil kurang minum sehingga tidak buang air kecil. Akibatnya Beta HCG dalam darah tidak dibuang dan meningkat jumlahnya sehingga menimbulkan rasa mual.

Puncak mual biasa terjadi di minggu ke 13 usia kehamilan, pada ibu bekerja morning sickness bisa terjadi pada sore hari karena sepanjang pagi hingga siang ibu hamil beraktifitas dan di sore hari kurang minum. Tetapi umumnya ibu bekerja punya motifasi kuat untuk sehat sehingga morning scikness yang diderita tidak terlalu parah.

Untuk mengatasi morning scikness ini para calon ibu bisa melakukan beberapa cara seperti mengatur pola makan dan setiap setengah jam minum setengah gelas air atau jus buah segar dan jangan takut sering buang air kecil, karena buang air kecil sangat dibutuhkan untuk membuang Beta HCG.

Konsumsi juga biskuit dan buah-buahan kering semacam kismis, prunes dan apel. Bauah-buahan kering ini mengandung glukosa dan serat tinggi sehingga melancarkan buang air kecil.

Kadang-kadang obat dijadikan jalan pintas untuk menghilangkan mual, padahal tidak selalu berhasil. Untuk pasien yang mengalami mual berat dianjurkan dirawat dan mendapat infus agar banyak buang air kecil sehingga Beta HCG keluar dan mual menjadi berkurang.

Tidur bukanlah cara tepat untuk menghilangkan mual, karena aliran darah menjadi tidak lancar sehingga buang air pun menjadi terganggu.

Bagi ibu hamil yang tidak bekerja sebaiknya cari kesibukan misalnya berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang, jangan memperlakukan diri seperti orang sakit. Untuk diketahui perubahan yang terjadi diminggu-minggu pertama kehamilan atau biasa disebut morning scikness bersifat hormonal.

Disebabkan oleh hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang dikeluarkan oleh indung telur (ovarium), hormon ini bertugas memberi makan janin sebelum plasenta atau juga dikenal dengan sebutan ari-ari terbentuk sempurna.

Karena memberikan makanan langsung ke janin dengan HCG ini, maka ibu hamil akan mengalami reaksi-reaksi tertentu. Reaksi yang muncul pada setiap ibu hamil tidak bisa disama ratakan, ada ibu hamil yang tidak mengalami kesulitan apapun selama masa kehamilannya, namun ada pula ibu yang terus menerus merasakan mual dan muntah-muntah.

Karena reaksi ini timbulnya berlebihan misalnya si ibu muntah terus menerus maka dia harus mendapatkan pertolongan medis, dia harus diinfus untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang, gejala ini disebut hiperemesis.

Hormon tersebut juga membuat kerja usus halus melemah sehingga asam lambung cepat meningkat, hal ini mengakibatkan ibu hamil yang mempunyai riwayat penyakit maag sering kali merasa tersiksa karena penyakit maagnya kambuh atau perut terasa kembung.

Pengaturan pola makan sudah pasti harus dilakukan seorang ibu hamil, jika biasanya setiap hari hanya makan tiga kali sekarang bisa sampai 10 kali sehari, tetapi setiap kali makan porsinya jangan terlalu besar. Prinsipnya porsi sedikit tetapi sering makannya, pilihlah makanan yang tidak berlemak dan berbau seperti biskuit dan roti kering, ini karena ada perubahan daya penciuman pada ibu hamil.

Yang terpenting juga adalah apapun perubahan yang si ibu rasakan selama hamil usahakan agar tetap berpikir positif dan jangan ngomel atau berkeluh saat hamil sebab akan didengar oleh si janin, karena pada kehamilan organ yang paling awal tumbuh adalah pendengaran.

Jadi jangan ngomel soal ke tidak enakan pada tubuh anda, bayangkan saja sosok mungil yang bakal hadir dengan mata penuh cinta yang menjadi buah hati bersama pasangan anda.

Tips Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

  1. Rasa mual pada ibu hamil biasanya terjadi pagi hari ketika kadar gula rendah, oleh karena itu makanlah roti atau biskuit sebelum mengangkat kepala dari bantal untuk menaikkan kadar gula dalam darah.
  2. Saat sedang sikat gigi jangan menggunakan pasta gigi terlalu banyak, bila perlu gunakan pasta gigi rasa mint untuk mengurangi rasa mual dan setelah itu berkumurlah menggunakan air hangat, jangan berkumur dengan air dingin.
  3. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti kentang, Ubi Kayu, Ubi Jalar atau kue-kue yang terbuat dari terigu dalam jumlah sedikit namun sering.
  4. Kurangi makanan berlemak dan susu murni, keju keras dan telur dalam diet.
  5. Kunyahlah biskuit kering diantara waktu makan agar lambung tidak kosong, sesekali cobalah hisap permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  6. Makanlah hanya makanan yang dapat masuk tanpa harus keluar lagi (muntah), kemudian tambahkan menu lainnya secara perlahan.
  7. Hindari rung yang sesak, panas dan bau-bauan yang menyengat.
  8. Saat menjelang tidur, makan makanan kecil yang ringan.
  9. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat anti mual yang aman dikonsumsi.
masalah pencernaan
Solusi Sehat Untuk Pencernaan

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *