Cara Memperbaiki Aki Kering Mati 99% Hidup

cara memperbaiki aki kering mati 99% hidup

Menemukan cara memperbaiki aki kering yang sudah mati tentunya akan menjadi keuntungan bagi pengguna motor maupun mobil dimana sekarang ini mayoritas telah menggunakan accu type kering yang di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya, jenis aki seperti ini memang bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Selain itu, peletakannya juga bebas ingin diposisikan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.

Kelebihan menggunakan aki MF adalah lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi karena memakai separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki basah, makanya akan lebih baik jika kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah supaya bisa lebih berhemat. Saat ini bisa dibilang hampir seluruh peralatan elektronik mulai dari lampu emergency hingga sitem elektrikal mobil maupun motor mengaplikasikan aki MF sebagai penyimpan dan penyuplai tegangan DC nya.

Sebelum memulai praktek cara memperbaiki aki kering yang tekor, supaya terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk perlengkapannya.

  • Air aki (zuur). Pastikan anda membeli dengan benar yaitu air yang biasanya digunakan untuk mengisi aki baru, bukan air penambah cairan aki.
  • Obeng (-) atau pencukit yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembuka cover bagian atas aki kering.
  • Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki.
  • Siapkan kain lap untuk berjaga jaga jika ada cairan yang menetes atau tumpah.

Berikutnya Tahap Memperbaiki Aki Kering

  • Pertama, siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan usahakan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas.
  • Membuka penutup bagian atas dengan obeng minus secara paksa namun harus hati hati jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran.
  • Setelah terbuka, akan anda temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar.
  • Siapkan air zuur kedalam suntikan dan anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh.
  • Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas.
  • Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
  • Aki kering sudah siap untuk dilakukan CHARGER untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala (JUMPER) agar aki yang baru diperbaiki ini mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Ada pilihan lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian awal yang lebih cepat.
  • Anda bisa melakukan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.

Sampai pada tahap terakhir tersebut, artinya anda telah berhasil melakukan cara memperbaiki aki kering yang soak untuk sepeda motor atau mobil dengan mudah dan tepat.

Sekedar tips apabila anda membeli aki kering agar memperhatikan dan memahami kode angka yang terdapat pada bagian atas bodi aki. Kode tersebut adalah catatan awal pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 15.9.11 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 15 bulan 9 tahun 2011. Jadi dengan demikian anda bisa mengetahui bahwa sudah berapa lama usia aki yang akan anda beli. Jadi misalkan anda membeli aki dengan kode yang telah melewati usia 4 bulan sejak awal pengisian, pastikan anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum anda gunakan, agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Perhatian : Cara diatas hanya bisa dilakukan ketika aki kering kehabisan cairan elektrolit, dan cara diatas hanya 20% bisa dilakukan pada kondisi aki kering mati, sedangkan 80% aki kering soak atau mati itu terjadi karena konektor putus atau sebab-sebab yang lain.

Download File lengkap CARA MEMPERBAIKI AKI KERING Lengkap dibawah ini :

download

Bonus Artikel : “EJAKULASI DINI: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi sampai Tuntas”

130 Comments


  1. Thanks info nya min… .klo smua proses uda smua n aki brhsil buat starter mtor tp 2 hri kmudian gk bisa itu pngruh apa gan??

    Reply

    1. bisa sambungan soldernya kurang bagus,,harus benar2 bersih sebelum disolder selnya,,terlihat mengkilap sel yg sudah bersih,,atau kendala yg kedua dari kimprok motor yg sudah rusak,,jd tidak bisa mengisi setrum ke aki

      Reply

      1. Dr blog sbelah ada yg nyaranin pke zuur murni n bubuk EDTA n bsa d ganti dg BODREX…ktnya bisa ngebersihin sel aki min…apa bner??
        Thanks

        Reply

        1. Menurut pengalaman selama hampir 18 tahun air zuur hanya untuk aki baru yg belum pernah tersentuh zuur,,Na4 EDTA adalah bahan pengawet makanan dan memang terbukti ampuh untuk membersihkan sel yang korosi,,tp jika sel itu sendiri masih dlm keadaan baik (tidak melengkung,patah atau berlubang),,jika sel cacat percuma pakai metode dan bahan apapun,,kalo bodrex sudah pernah uji coba tapi hasil nihil

          Reply

    2. Berarti kaki 4 kaki sel positif sama negatif di sambung jadi satu ya bos

      Reply

      1. Sesuai gambar yg saya berikan contohnya gan

        Reply

  2. Dr gell nya sendri apa pngaruh min??

    Reply

    1. Sangat pengaruh karena gel yang habis atau kering tidak akan bisa menampung H2SO4,,jadi reaksi kimia pasti tidak akan terjadi,,kalaupun terjadi hasilnya dibawah standart,,atau hanya bisa hidupin lampu sen dan klakson saja,,starter pasti gak bisa. Mohon dikoreksi kalo ada yg salah ya

      Reply

  3. Trus untuk ngakalin gel yg uda berkurang ato trkikis gmna gan biar bisa nmpung h2so4???

    Reply

    1. Gak bisa bos untuk gel yg sudah habis atau kering. (saya blm nemuin solusi sampai sekarang)

      Reply

  4. Untuk air mineral nya apa bisa di ganti air biasa min ato air yg sdah di masak?
    Thanks

    Reply

    1. tidak apa-apa, tapi lebih baik gunakan air yang sudah di destilasi (lebih bagus)

      Reply

  5. Gan..diatas agan nyampaikan agar sambungan solderan kaki2 sel disambungkan ke konektor sebelahny…yg mw sy tanyakan..dismbungkan ke negatif2 atwpun sebalikny at negatif positif gan..trimkasi gan

    Reply

    1. Ya untuk konektor positif pada kolom A disambung ke konektor negatif pada kolom B dan sebaliknya pada konektor positif di kolom B disambung ke konektor negatif pada kolom C,dan begitu seterusnya

      Reply

      1. Brarti langsung di solder jadi satu ya gan’atau gmna???

        Reply

        1. mohon maaf saya kurang paham pertanyaan anda, mohon beri pertanyaannya yang jelas agar saya juga bisa menjelaskan dengan jelas. terima kasih

          Reply

  6. Mau nanya min…air aki yg bgusnya dipakai buat aki bekas setelah pembersihan merek apa ya min..??

    Reply

    1. menurut saya air accu atau air destilasi semua merk bagus untuk digunakan sebagai penambahan air didalam accu/aki yang berkurang dari batas up level,,tetapi jika aki telah dikuras airnya jangan menggunakan air aki murni (tutup biru) karena air aki rumusnya H2O,,sedangkan aki dikatakan bisa menyimpan tenaga listrik/strom sel aki akan aktif dengan larutan H2SO4,,seperti yang terdapat di air zuur (tutup merah),,tetapi air zuur dianjurkan hanya untuk digunakan pada aki yang masih baru,,maka solusinya untuk pemberian air pada aki yang bekas dan selesai dibersihkan saya sarankan dengan menggunakan air campur (air aki + air zuur) dengan perbandingan 2:1. semoga bermanfaat dan membantu permasalahan anda. terima kasih

      Reply

  7. Untuk pengecasanya gimana? Kan d atas d tulis g d tutup langsung bawA jAlan biar ngcAs, apa g bahaya?maksih

    Reply

    1. gak ada bahaya nya gan, tapi jika takut kenapa napa ditutup dulu baru dicharge di motor langsung, tapi menggunakan charger langsung dimotor jika kondisi aki tidak terlalu bagus akan memakan waktu charger yg lama,, kami sarankan untuk dicharger menggunakan charger aki atau ke tukang aki. terima kasih

      Reply

  8. Trs d Aki itu sendiri sebenarnya menggunakan Air aki g sih bang

    Reply

    1. untuk air aki sudah saya jelaskan dibawah, dibaca lagi saja pelan-pelan artikelnya atau tutorialnya. terima kasih

      Reply

  9. >̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ ☺ke makasih info nya gAn klo hargA air zuur biasanya yg botol aqua itu brApa ya gan

    Reply

    1. ada yang 8.000 ada yang 12.000 tergantung merk dan yang jual

      Reply

  10. Gan kan sy punya accu lAmpu emergency 6v Kmrn Abis d isi mau d cas lAmpu indiKAtor nyA nyalA trs g lama lAmpu indikAtornyA mAti dAn accu pun g ngecas dAh, kirA” ApAnyA gAn??????

    Reply

    1. nyoba aja bongkar lampunya cari baterainya,,buka penutup atas baterai dengan obeng minus pelan-pelan,,nanti akan ada 3 lubang ditutup dengan penutup karet,,isi dengan campuran air aki dan air zuur menggunakan pipet suntikan kira-kira 5-10 ml,,lalu pasang kembali penutup karet dan penutup utamanya tp di lem dulu (penutup utama) agar cairan tidak tumpah,,kemudian coba aja di charger ulang,,kalau selama 1-2 hari charger gak ada perubahan berarti akinya memang minta adik baru. semoga berhasil

      Reply

    2. kalau akinya kondisi ok gak ada masalah,,trus gak bisa charger brarti ada di board komponen masalahnya,,jadi untuk urusan komponen maaf saya gak bisa bantu. terima kasih

      Reply

  11. kan ane punya aki motor yg mati bang tp klo d tes pake lAmpu led lAmpunyA nyAlA bang td Ane bawA k tukAng Aki katAnyA dAh jebol g bsa d cas, trs giman solusinya bang?

    Reply

    1. coba dibuat starter mesin motor bisa nyala gak? kalau gak bisa berarti memang ada yg bermasalah atau jebol konektornya,,lampu led itu sama seperti multitester sangat sensitif terhadap listrik jadi biarpun lampu led nyala belum tentu kondisi aki itu sehat,,saran saya sebaiknya gunakan tester aki biar hasil lebih maksimal

      Reply

  12. Klo Aki udAh d potong bAgiAn atas nya, klo untuk carA ngeceK AdA yg jebol ApA gA crAnyA gimana bang yg d cololoK yg babAgiAn mana nyA Ane ngetes pAke lampu led

    Reply

    1. bagian konektor,,1 kolom ada 2 konektor (+) dan (-),,disisir dari kolom 1 sampai kolom 6 lalukan secara berurutan

      Reply

  13. Saya mau tanya gan,,,
    Kenapa aki kering yang sudah di servis dan di isi air, disaat pengecasan airnya keluar dari lubang kecil tempat untuk mencongkel tutup atas, padahal penutup karet sudah terpasang.
    Terimakasih

    Reply

    1. Kebanyakan airnya itu bos,,mending digergaji di isi air terus di charger lalu buang airnya,,baru ditutup dengan solder dan dilumuri lem tembak. Insya Allah aman dah

      Reply

  14. masih bingung.. ada gambar/photo cara mencongkel tutup aki tanpa harus di gregaji..

    soalnya bingung nyongkelnya dari mana?? apa karetnya atau mananya

    Reply

    1. Teknik yang saya berikan disini bukan untuk mengkongkel penutup aki nya dan terus di isi air,,tapi teknik cara memperbaiki aki kering karena jebol konektornya. Buat apa di isi air aki kalau konektor akinya jebol, benerin konektornya dulu baru di isi air aki. Jadi mohon untuk dibaca baik-baik dan pelan-pelan dulu biar jelas dan mengerti. Terima kasih

      Reply

    2. Yang saya maksud dicongkel itu konektor aki yang putus gan bukan penutup akinya

      Reply

      1. Berarti posisi d cas ada air d dlm akinya? Selesai d cas dan mau d ttup berarti posisi tidak ada airnya? Mohon pnjelasannya, Maf takut salah makanya tanya lg.

        Reply

        1. betul gan,,saat proses penyambungan konektor aki usahakan sel aki belum pernah tersentuh air, baik air aki maupun air zuur,,karena bila aki dalam keadaan basah maka penyambungan konektor yang putus mengakibatkan timah tidak bisa merekat dengan sempurna. jika penyambungan sudah bener-bener selesai barulah air aki campuran itu diberikan ke aki sampai konektor tenggelam,,dan setelah proses penyetruman selesai barulah air dibuang kembali,,tujuannya agar air aki tidak meluap keluar dari celah-celah penutup, karena bisa mengakibatkan korosi pada body motor.

          Reply

          1. Mas q sudah buka akinya trnyata q cek pakek lampu led nyala semua mas, apa itu baik2 saja


          2. Belum tentunya gan, karena fungsi dari lampu led dan multitester hampir sama saat digunakan di aki, asal ada aliran listrik pasti menyala (biasanya kondisi seperti ini konektor tidak benar-benar putus dari selnya). Kami sarankan gunakan tester aki, baik yang analog atau digital, karena konektor yang keputus dari sel atau dari yang menghubungkan kekolom yang lain pasti hasilnya akurat.


  15. Salut pada yang punya ini blog,begitu sabar menjawab semua pertanyaan.sukses..,

    Reply

    1. sebenarnya website saya http://www.foredigel.my.id adalah website jualan produk dari PT.ABE untuk menjaga keharmonisan keluarga (Produk Kesehatan & Kecantikan PASUTRI),,akan tetapi blog saya tentang cara memperbaiki aki kering adalah usaha saya yang dulu yg pernah saya geluti, jadi saya akan jawab setiap pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan kemampuan saya, jadi mohon maaf jika ada salah-salah dalam setiap blog yg saya buat ini, baik dari kontennya (isi) maupun dari jawaban-jawaban yg saya berikan. Makasih untuk Agan ABDUL JALIL atas support nya. Salam sukses juga dari ForediGel.my.id

      Reply

  16. gan itu setelah di cas airnya kok di buang– kalo mau digunakan di isi lagi gak itu air akinya?

    Reply

    1. Betul,,setelah di cas air nya dibuang lalu di tutup dan siap digunakan,,tidak perlu di isi lagi,,karena gel nya sudah menampung cairan H2SO4

      Reply

  17. Kalau accu masih ada dayanya emang ga papa kalau di solder. Berarti satu kolom sel di solder jadi satu ya terus di hubungin ke sel sebelahnya

    Reply

    1. Ya betul,,gak apa apa disolder walaupun masih menyimpan aliran listrik,,pokoknya sesuai tutorial yg saya berikan Insya Allah berhasil,,dibaca pelan-pelan saja agar mudah dimengerti

      Reply

  18. kmaren pernah nyoba sellnya q keluarin dari kolom.trus q cuci pake air sampe kertas putih putihnya ilang semua.itu gimana gan cara perbaikinya

    Reply

    1. Sudah tidak bisa diperbaiki lagi pak adi,,kenapa? Karena kertas putih yg seperti pak adi bilang,,itu adalah gel yg bentuknya seperti kapas dan berfungsi untuk menampung cairan H2SO4 dan sebagai penghalang antara sel negatif dan sel positif,,jadi kesimpulannya jika gel nya habis atau hilang reaksi kimia tidak akan dan tidak bisa terjadi. Terima kasih

      Reply

  19. kalo kertasnya itu di ganti dengan kertas tisu sebagai separator trus di kembalikan lagi ke ruang aki.lalu di isi dengan air aki dan di cas ulang..apa masih bisa menyimpan arus listrik gan

    Reply

    1. Maaf saya dulu pernah coba pakai kapas tetapi tidak berhasil,,ya perlu dicoba aja gan klo beranggapan bahwa tisu bisa dipkai sebagai pengganti gel,,kita tidak akan pernah tau dan tidak akan pernah bisa klo belum mencoba. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam sukses

      Reply

  20. terima kasih atas penjelasannya.kalo sel eceran yang baru gitu ada gak ya

    Reply

    1. Kurang tau saya gan,,nyoba saja cari di toko aki besar. Mohon maaf dan terima kasih

      Reply

  21. ok terima kasih.salam kenal dari nganjuk jatim

    Reply

  22. maaf om,,,kalau accu basah apahkah cara perbaikannya sama,terima kasih,,,mohon penjelasannya,,,

    Reply

    1. Baca artikel saya tentang cara memperbaiki aki basah

      Reply

    1. Coba pakai air panas dicampur garam gan,,tapi sebelum disiram kan nanti ambil garam lagi sikatkan pada bodi yang dikehendaki. Semoga membantu dan terima kasih

      Reply

  23. maaf gan. mau nanya ni. aki motor sy ud kubuka spti tutorial agan. aq tes dari konektor positif (kepala aki) semua jarum bergerak begitu jg sebaliknya, tp antara kolom satu kekolom sebelahnya (positif-negatif) ada yg tidak bergerak. apakah itu termasuk konektor putus ato masih bagus. soalnya aki sy itu tak bisa lagi dpkae starter tangan (soak) dan klw dcarger strom bs ful tp g lama turun drastis. mohon bantuannya gan trims seblumnya.

    Reply

    1. ya berarti antara konektor di satu kolom ke konektor kolom sebelanya yg putus gan kalo dites tidak bergerak,,dan solusinya solder antara konektor dari kolom satu ke kolom yang sebelahnya dengan dibuatkan jalan potong plastiknya dengan cutter agar saat menutup penutupnya tidak terganjal timah solderan,,maaf saya tidak punya gambar untuk solder kolom ke kolom,,nanti saya kasih contoh kalo sudah ada contohnya

      Reply

      1. maaf mas kalau konektor.nya sudah di lepas nnti di pasang lagi apa gmna mas…

        Reply

        1. mohon untuk dibaca baik-baik dan pelan-pelan artikel tutorialnya,,konektor yg sudah dilepas tidak dipasang kembali tp diganti dengan solderan. terima kasih

          Reply

  24. Mohon bantuannya guru..
    Aki 6 volt terminal (+-) nya shot,
    Kira2 rusak apanya ya?.. Trus bisa di perbaiki lagi gk ya..
    Terima kasih sebelumnya..
    Ternate,,

    Reply

    1. mohon beri penjelasan yg spesifik lagi,,agar kami bisa membantu dengan lebih mendetail. terima kasih

      Reply

  25. accu mobil MF yg sudah lemah, kalau dua hari tidak dihidupkan tdk bisa starter tapi kalau didorong hidup dan selanjutnya bisa starter, cara perawatan accu MF mobil tsb, apakah bisa diganti air accu nya seperti accu biasa ? mohon penjelasan

    Reply

    1. cari letak lubangnya,,kuras semua airnya dan ganti dengan air yang baru,,seperti yg dijelaskan campuran airnya di artikel

      Reply

  26. assalamualaiku gan permisi yaa,
    mau nanyak jika aki basah punya mobil merek GS selalu panas di 2 lubang,
    apakah itu bisha di perbaiki,?
    padahal sudah saya bersihkan pakek air panas,
    tapi masih aja gak kuat buat stater,
    mohon bantuannya gan,

    Reply

    1. sudah saya peringatkan berkali-kali jangan pernah membersihkan aki dengan air panas, bahkan air mendidih karena akan membuat sel aki rusak dan tidak bisa berfungsi menyimpan arus listrik. lihat dulu bagian bawahnya apakah terlihat hitam, jika ya coba masukkan air sampai 2 cm dari tutup aki, lalu tutup dan bolak-balik aki sampai terlihat bersih, buang air lalu ganti air dan bolak-balik kembali lakukab berulang sampai air bener-bener bersih, lalu isi campuran air akinya, charger aki dan coba bisa starter apa gak, semoga bisa membantu

      Reply

  27. Bos bisa minta no hp nya , sy ada proyek buat rekondisi batere UPS dan Reqti,
    100 ah dan 1000 ah, jika minat hub. sy di email : irsan_i@yahoo.com

    Reply

  28. Kemarin saya baca artikel tetangga yg di pakek ngisi murni air zuur tetapi tidak berhasil, pertanyaan saya aki saya apakah masih bisa di perbaiki dg cara anda

    Reply

    1. Kalau niat memperbaiki aki jangan dibanding2kan dengan tips2 orang lain, kalau memang minat baca dan terapkan, karena anda tidak menghargai ilmu yg di sampaikan, buat artikel yg membantu itu tidak mudah, jadi hargai mereka.

      Bukan hanya masalah airnya gan, banyak faktor yg menyebabkan aki kering soak, dan rata2 hampir 80% yang rusak adalah konektor putus, 10% selnya rusak, 5% gelnya habis dan kering, 5% h2so4 habis.

      Jadi kalau minat monggo dibaca dan diterapkan, anda tidak akan pernah tau aki anda bisa diperbaiki apa tidak jika belum mencobanya, kami hanya bisa membantu melalui tulisan sederhana ini. Semoga membantu

      Reply

  29. Aki yg sudah di cobak pakai air zuur dan sudah di cas tp tidak berhasil apakah masih bisa di perbaiki dg cara anda

    Reply

  30. Jadi aki yg sudah kenak air zuur murni apakah masih bisa di perbaiki pak

    Reply

    1. Dicoba dulu gan, kalau masih dalam waktu sebentar air zuur murni tidak akan berpengaruh pada sel, tapi jika sudah dalam waktu lebih dari 3 bulan biasanya aki bekas yg ditambahkan air zuur murni sel nya akan rusak

      Reply

  31. Terimakasih atas infonya sangat membantu saya

    Reply

  32. Mau nanya nih,berarti yang di gergaji tutup bagian atas ya? Tapi cara menutupnya kembali pakai apa trus merekatkan nya pakai lem apa?

    Reply

    1. pakai solder boleh pakai lem perekat yang bagus juga boleh, asal tidak keluar uap airnya

      Reply

  33. Jika proses υðªћ slesai ∂άη υðªћ di cas,
    Brarti air dibuang semua ya Mas (sampai air benar² kering) ??

    Reply

    1. bukan kering tapi sedikit basah seperti mie ayam (cemek-cemek)

      Reply

  34. assalamualaikum gan… kalau kursus sama anda brapa ya gan… saya minat gan…

    Reply

    1. boleh saya minta no hp bapak kirim ke email saya aja ya pak,nanti kita bisa bicarakan lagi lebih panjang di hp. ini emai saya. eddyasri123@gmail.com. makasih ya pak.

      Reply

  35. mas, Kalo aki lampu emergency yg 6 volt, saya udah cas. Tengangannya turun drastis dari 6,5 volt, turun jadi 0-1 volt,

    Reply

    1. biasanya aki pada lampu emergency adalah aki kering yang memakai tutup karet (dibalik penutup plastik) coba dicongkel dengan obeng kecil penutup plastiknya nanti akan ketemu lubang p=dengan penutup karet yang jumlahnya tiga lubang dan penutup, lalu buka dan isi dengan air campuran, tutup kembali dengan penutup karet lalu tutup dengan penutup plastik yang sudah diberi lem. semoga membantu

      Reply

  36. mas, Kalo aki lampu emergency yg 6 volt, saya udah cas. Tengangannya turun drastis dari 6,5 volt, turun jadi 0-1 volt, ..Jadi saya harus alain itu mas..?

    Reply

  37. maksudnya “jadi saya harus apaain itu mas”?

    Reply

  38. maaf min , mau nanya
    selain tenol ada ga bhan buat nyambung selnya ?
    msalahnya clo cuma skdar tenol doang , menghabiskan bnyak tenol
    kalo ada mhon di kash tau
    makash

    Reply

  39. selain tenol ada bahan lain.nya ga min buat menyambung sel.nya
    coal.nya kalo tenol doang , terlalu menghabiskan tenol
    kalo ada apa nama bahan.nya min ?
    trim.s

    Reply

    1. Selain beli tinol ya beli aki baru, he.he.he

      Reply

  40. ah bs aj kmu mas .
    brarti emang ga ada mas ?
    cuma tinok doang ?
    kalo d bntu dg kbel / ap gt gmana ?

    Reply

    1. Saya pernah praktek kunci inggris saya taruh didalam larutan H2SO4 selama 28 hari menjadi lempengan seng tebal 3 mm

      Reply

      1. Simak dari awal bos. Dan sangat manfaat. Akan aku coba nanti . Terima kasih bayak iya.

        Reply

  41. Terus terang Mas sy tertarik nyoba. Cuma yg sy tanyakan gimana cara mencongkel penutup aki setelah digergaji. Kok pada penyok2, ya

    Reply

    1. bukan penutup akinya yang dicongkel,,tapi konektor yang putus yang dicongkel,kalo sudah digerjadi penutupnya kan sudah terbuka akinya ngapain dicongkel?

      Reply

  42. Yg sy gergaji sesuai petunjuk gbr di atas, yaitu pada potong di garis. Setelah sy gergaji kok gak bs langsung kebuka. Makanya sy gergaji lagi yg dari samping sehingga hasilnya bertemu di gergajian pertama tadi.

    Masih belum kebuka juga tutupnya. Jadi sy congkel. Ternyata emang ada bodi yg menyatu dgn sekat2 yg ada di dalam. Apa emang tiap aki begitu atau hanya aki ini, ya. O ya aki sy YTZ 5 dari Yuasa

    Reply

    1. menurut pengalaman saya paling mudah dan selnya tebal itu hanya aki GS astra,, kalau aki yuasa memang susah untuk dipotong/gergaji, aki yuasa mf kalau digergaji konektor penghubung antara kolom satu dengan yang lain pasti ikut ke gergaji, mending saran saya kalau pilih aki jangan yang yuasa, kalaupun terpaksa pakai aki yuasa, jangan digergaji tapi cukup dibor bagaian atas untuk lubang memasukkan air, jika beruntung biasanya langsung bisa untuk starter setelah dilakukan pengecasan. semoga membantu dan terima kasih

      Reply

  43. klo b9ngkar aki kering mobil cara ap sama

    Reply

    1. tidak sama gan,,sangat-sangat berbeda.

      Reply

  44. Saya punya accu saya cek air kering lalu saya isi pake air accu saya carger pake trafo 5A di dalam accu seperti suara mendidih lalu air accu itu tumpah… Kenapa bisa bgt ya min…?

    Reply

    1. suah dibongkar dengan gergaji? atau cuma dicongkel lubang airnya? memang seperti itu aki klo di cas mendidih brarti reaksi dari pengisian berhasil, kalau tumpah berarti kebanyakan isi airnya, solusi dibuang aja airnya, lalu tutup kembali dan coba tes atau gunakan untuk starter

      Reply

  45. yg aki kering motor udah aq bongkar.kurang berhasil d cas mentok 10volt g mau naik,trafo dan dioda panas bgt.
    aki yg satunya lg berhasil bs utk stater motor.
    aki kering mobil belom brani bongkar bermasalah klo d cas mentok 10 vollt,iseng2 aq ambil airnya kmudian aq ukur pke multitester teganganya g ad kmudian d cas mlh cma nyampe 6,7volt trafo dan dioda panas bgt.
    mohon bantuan solusi utk kedala tsb.trims atas jwabanya

    Reply

    1. kalau di cas hanya mentok 10 volt berarti ada masalah dengan konektor selnya, masih ada yg putus mungkin dikaki-kaki salah satu selnya, di cek ulang lagi semua konektornya (12 buah konektor). mohon maaf untuk aki kering mobil belum bisa kasih tutorialnya ya gan (rahasia perusahaan), he..he..he.. untuk panas (cas aki) dioda dan trafo silahkan cari di google. terima kasih

      Reply

  46. Mas link yang dikasih ttg aki kering ga bisa dibuka.

    Ada link yang lain?

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply

    1. sudah saya perbaiki link nya. Maaf atas ketidak nyamanan Anda disitus kami. Terima kasih

      Reply

  47. Alhamdulillah. Berhasil mas. Terima kasih atas penjelasannya. Betul2 bermanfaat. Sy coba beli aki bekas mati & sy servis sesuai penjelasan diatas dan berhasil!!!

    Jazakallahu khairan

    Reply

  48. kenapa kebanyakan aki kering yang rusak itu dibagian negatipnya pak ?

    Reply

  49. Ya..knpa dihapus postingan aki padahal sangat mmbantu sekali,knp tidak dipindahkN saja pak

    Reply

  50. Postingan agan udah gak bisa lagi ke buka,mhn di perbaiki….

    Reply

  51. Mau tanya min kalo sel nya sudah rusak atau putus masih bisa di perbaiki apa di lem biru aja min…

    Reply

    1. sel tidak bisa dilem,, hanya bisa di disambung dengan timah, karena sel terbuat dari timah

      Reply

  52. Saya tertarik gan apa boleh minta no hp

    Reply

      1. Betul no nya di atas Pak. Kok 13 digit

        Reply

  53. Saya kok bingung antara artikel dg koment2 admin pd saat menjawab pertanyaan. Di artikel disebutkan penggunaan aki zuur (yg biasa diisikan di aki baru)/ tutup merah, tetapi di bagian koment admin menjelaskan bahwa yg digunakan adalah air aki destilasi/ tutup biru. Jd yang benar tutup merah ataukah tutup biru? Trimakasih pak admin.

    Reply

    1. komen itu untuk artikel lama, untuk artikel yang sekarang adalah artikel blog sebelah mas, kalau untuk isi ulang pakai air tutup biru saja. terima kasih

      Reply

  54. mw tanya,sya cek tegangan aki kering pake avo adlh 13Volt,tp knp pas saya pasang ke motor tdk bsa di starter???
    mohon penjelasannya…

    Reply

  55. Gan mw nayak ni.. saya punya Bateray aki yg udah mati. Tapi mati nya udah lama gan. kira2 apa masih bisa di perbaiki gan.? Moho jawaban nya gan.. thank…

    Reply

    1. jenis aki apa? aki konvensional (basah) atau jenis aki MF (kering)? kalau jenis aki kering coba dipraktekkan seperti tutorial cara memperbaiki aki kering yang sudah seperti dijelaskan.

      Reply

  56. Terima kasih mas admin,saya coba berhasil,setidaknya kelistrikkan motor saya normal,hanya saja jika motor di nyalakan 5 menit bisa starter,mati kira-kira 1jam gak mau start lagi,walaupun lampu sein dan klakson normal.
    Kasusnya 3 bulan lalu aki kering saya tiba-tiba mati mendadak,padahal sebelumnya normal.kontak on teg 1,3v kontak off teg 6v.
    Kira-kira masalahnya apa ya?
    Semoga berkenan menjawab,dan tambah sukses buat adminnya.
    Dari:Bambang
    Di:Palembang

    Reply

  57. Gel jenis apa yg bisa nyatu dgn air accu surre . Untuk nyoba ngisi aki kering dgn Gel. Makasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *