Cara Mudah dan Murah Memperbaiki Aki Basah Soak

aki basah soak

Cara memperbaiki aki basah pada motor sangatlah mudah dilakukan dan biayanya pun sangat murah bahkan bisa dikatakan gratis, cukup lah Anda mempersiapkan peralatan seperti :

  • Obeng minus

Obeng minus berfungsi untuk membuka dan menutup penutup lubang tempat air aki.

  • Penutup selang udara pada aki

Penutup selang udara tempat sirkulasi udara aki atau tempat pembuangan air aki saat dimana aki kelebihan air aki yang menguap akibat reaksi kimia didalam aki, penutup ini berfungsi untuk menutup lubang udara agar air aki tidak keluar saat proses pembersihan aki basah (bolak-balik).

  • Air biasa.

Air biasa disini saya maksud kan adalah air apapun yang bersih tetapi dalam kondisi dingin suhu ruangan atau tanpa proses dipanaskan, jika Anda pernah mendengar bahwa proses pembersihan sel aki dengan menggunakan air panas atau mendidih bisa membuat aki Anda sehat kembali ini adalah pernyataan yang sangat salah kaprah, kenapa? karena sel aki hanya bisa bertahan maksimal hanya dalam suhu 40 derajat celsius, diatas suhu itu sel aki akan hilang kemampuan untuk proses penyimpanan arus listrik.

  • Aki (ACCU)

Pemilihan aki yang akan diperbaiki disini sangat-sangatlah penting untuk menentukan keberhasilan cara memperbaiki aki basah pada motor, karena jika pemilihan aki salah maka usaha yang akan kita lakukan pada aki akan berujung sia-sia. Salah satu ciri-ciri aki basah pada motor yang masih bisa diperbaiki adalah:

cara memperbaiki aki basah soak

  1. Lihat kondisi sel aki, maksudnya adalah jika kondisi sel sudah berjamur atau ditandai dengan warna putih atau kuning kecoklatan berarti aki tidak layak untuk diperbaiki.
  2. Dan jika kondisi sel berlubang, patah atau melengkung ini juga ciri aki yang tidak bisa diperbaiki.

stop ejakulasi dini

Cara Perbaiki Aki Basah Soak Pada Motor

  • Buka penutup lubang air aki dan isi dengan air biasa (bisa air sumur, PDAM, air sungai dsb) lalu isi aki dengan air sampai penuh kemudian tutup kembali dengan menggunakan obeng minus sampai rapat.
  • Tutup penutup udara aki dengan selang yang salah satu ujung selang telah dirapatkan (buntu), ini bertujuan agar saat proses pembersihan yaitu dengan cara dibolak-balik aki nya dan agar air tidak ikut tumpah atau terbuang dari ventilasi udara. Lakukan proses ini sampai aki benar-benar bersih, yaitu ditandai dengan dasar aki kelihatan airnya atau kotoran kerak sel hilang. Proses ini bisa dilakukan sampai 4-5 kali artinya ketika air sudah dirasa kotor buang dan isi kembali.

cara memperbaiki aki basah soak

cara memperbaiki aki basah soak

  • Jika aki sudah benar-benar bersih, buang semua air yang tersisa dalam proses pembersihan, lalu isi air aki, disini air aki yang sangat anjurkan adalah air aki campuran yaitu 1 botol kecil air zuur (tutup merah) dengan 2 botol air aki biasa (tutup biru), kenapa air campuran, bukan air zuur murni, karena air zuur hanya untuk pemakaian aki yang masih baru, bukan untuk aki yang sudah pernah terpakai. Penggunaan air zuur murni pada aki bekas akan menyebabkan rusaknya sel karena kadar asam air aki yang terlalu tinggi.
  • Jika aki basah motor sudah terisi air campuran tadi, usahakan lakukan proses pengecasan minimal 2 jam pengecasan agar sel kembali optimal untuk menyimpan arus listrik didalam motor.

Demikian sedikit tutorial yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan membuat aki basah pada motor Anda bekerja kembali seperti yang Anda harapkan. Terima kasih.

Download File Tutorial Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Motor Full dibawah ini :

download

17 Comments


  1. sangat berguna sekali.mksh ilmunya.

    Reply

      1. klo pake air panas bener nga jdi ya boss.???

        Reply

        1. sel aki tidak akan bekerja optimal untuk menyimpan arus listrik jika suhu aki mencapai 70 derajat celcius,, dan air panas itu bisa mencapai 98 derajat celcius dan tentu akan merusak sel aki itu sendiri.

          Reply

  2. pernah ga mencoba membuka semua tutp/sama dengan artikel cara servis aki kering…untuk mengganti sel akinya….kalau pernah caranya gimana

    Reply

    1. sel aki kering itu presisi gan, kayaknya susah untuk mengganti selnya. artikel yang saya berikan adalah pengalaman saya gan tentang service aki kering, jadi ya pasti pernah aku buka semua tutup akinya. terima kasih

      Reply

  3. Ada yg kepotong/tidak tertulis setelah tanda • (titik tebal )
    Yg pertama itu ttg sel yg sudah berjamur bukan, ya

    Reply

  4. kok saya nyoba tetep aja mas.. padahal dah dikuras berkali kali.. mohon solusinya..

    Reply

    1. kondisi sel nya bagaimana? berlubang, berjamur atau patah-patah? jika sel sudah patah, berlubang dan berjamur maka dipastikan aki sudah tidak bisa diperbaiki

      Reply

  5. Maap gan mau tanya klou seandainya udah di isi campuran aki di cek pke avo arusnya itu kembali normal lgi ga..?

    Reply

    1. kalau penyambungannya sudah benar semua antar kolom harusnya sudah bisa gan dicek, minimal harus 12.8 volt

      Reply

  6. Siap mencoba…. semoga aki saya kembali bertenaga… terima kasih banyak ilmunya gan……

    Reply

  7. Terima kasih ilmu nya ..
    Sangat jelas dengan di sertakan alasannya..

    Reply

  8. Kalo pake bodrex itu gmn ya om, masuk akal ta?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *