Cara Enak dan Mudah Turunkan Kolesterol Tinggi

cara enak dan mudah menurunkan kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Jika anda penderita kolesterol tinggi dan ingin kolesterol anda turun, ini ada beberapa tips cara menurunkan kolesterol dengan cara enak.

Kolesterol tinggi dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti asupan kolesterol, serta lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh dan lemak trans, tentu sangat membantu upaya menjaga kadar kolesterol darah agar tetap terkontrol.

Berikut ini aneka cara enak untuk menurunkan kolesterol:

  1. Makan Pisang dan Apel

Hanya dengan makan pisang dan apel bisa membantu menurunkan kolesterol? Ya, karena pisang dan apel merupakan salah satu makanan sumber serat larut yang ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Untuk bisa menurunkan kolesterol yang optimal, Anda butuh konsumsi 15 pisang atau 15 apel dalam sehari. Makanan sumber serat lain yakni brokoli, wortel, berry dan pir.

Namun menurut dr Iwan Surjadi Handoko dari Kalbe Nutritionals, sesungguhnya mekanisme kerja serat dalam menurunkan kolesterol belum sepenuhnya jelas. “Salah satu hipotesanya adalah serat larut akan berikatan dengan asam empedu dan menyebabkan berkurangnya jumlah empedu yang diserap kembali oleh saluran pencernaan,” kata dr Iwan

Akibatnya, imbuh dr Iwan, hati akan membuat lebih banyak reseptor low density lipoprotein (LDL) guna mengambil kolesterol yang dibutuhkan untuk membuat garam empedu. Dengan demikian kolesterol darah akan menurun.

  1. Makan Oat

Beta glucan merupakan serat larut yang terkandung dalam oat dan diyakini bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Simpel, Anda cukup mengganti makanan yang digoreng dengan oat sebagai sarapan jika ingin menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa orang mungkin tidak suka dengan rasa oat. Untuk menyiasatinya bisa menambahkan potongan buah-buahan seperti stroberi, apel dan pisang.

Dalam sehari Anda membutuhkan 3 gram beta glucan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Untuk mendapatkan 3 gram beta glucan, maka Anda perlu mengasup dua hingga tiga mangkuk oat setiap hari.

  1. Makan Ikan

Pepes ikan mas yang dimakan bersama nasi, tumis kangkung, dan sambal terasi cukup menggugah selera makan siang Anda? Tak cuma enak, ikan juga bisa membuat kolesterol dalam darah tetap stabil lho.

Demi kesehatan jantung, disarankan untuk makan ikan sebanyak tiga porsi dalam seminggu. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan memang tidak serta merta menurunkan kolesterol. Tapi setidaknya kolesterol Anda tidak melonjak saat mengonsumsi makanan enak yang berbahan baku ikan.

  1. Smoothies

Minum smoothies yang dingin di tengah cuaca terik rasanya pasti menyegarkan. Apalagi jika smoothiesnya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hmm enak!

Namun tidak semua smoothies bisa langsung menurunkan kadar kolesterol, melainkan smoothies yang telah ditambahkan plant stanol ester. Karena plant stanol ester bekerja dengan mengurangi penyerapan kolesterol yang didapat dari makanan maupun yang secara alami diproduksi tubuh.

Menurut dr Iwan, agar efektif menurunkan kadar kolesterol secara optimal maka direkomendasikan konsumsi plant stanol ester sebanyak 3,4 gram per hari. “Penelitian menunjukan terdapat hubungan dosis-efek antara plant stanol ester dan kolesterol. Artinya bila dosis plant stanol ester dinaikan, maka efek penurunan kolesterol akan meningkat,” jelas dr Iwan.

Namun dr Iwan menyarankan agar konsumsi plant stanol ester disertai dengan gaya hidup sehat. Karena bagaimanapun efek penurunan kolesterol antara orang yang satu dengan yang lain bervariasi, sesuai dengan gaya hidupnya. “Gaya hidup sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup setiap harinya dan jangan lupa berolahraga,” ucap dr Iwan.

Saat ini di pasaran, penambahan plant stanol ester tak hanya ditemukan dalam bentuk smoothies saja, melainkan juga dalam bentuk sereal.

  1. Fiforlif

Fiforlif adalah minuman juice rasa buah yang diekstrak dari jenis buah-buahan Goji Berry, Psyllium Husk, Soluber, Probiotic, Fruktosa (gula buah), Bit Merah, Daun Sena (Daun Jati Cina), Campuran Buah & Sayuran, Vitamin Premix, Mineral dan Enzim. Fiforlif adalah minuman superfiber yang artinya minuman yang 100% kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi penderita kolesterol. Fungsi dan manfaat Fiforlif adalah :

Goji Berry mengandung banyak ANTIOKSIDAN termasuk 19 asam amino, 21 mineral dalam jumlah kecil, Protein, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin E & Vitamin A. Goji Berry memiliki Oxygen Raducal Absorbance Capacity (ORAC) TERTINGGI dari semua buah di planet bumi. Manfaat Goji Bery:

  • Melindungi hati dan ginjal.
  • Membantu penglihatan.
  • Meningkatkan fungsi seksual & kesuburan.
  • Memperkuat kaki.
  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan sirkulasi.
  • Memperpanjang umur.
  • Menurunkan berat badan & menjaga tubuh tetap bugar dan muda.
  • Menurunkan tekanan darah & kolesterol.

Goji Berry adalah buah yang paling kaya nutrisi yang tersedia di planet ini, berasal dari tibet di dataran tinggi gunung Himalaya, kaya akan vitamin, mineral, protein dan ANTIOKSIDAN. Goji berry mengandung zat besi lebih banyak daripada bayam, beta karoten lebih banyak daripada wortel, dan protein lebih banyak daripada gandum. Goji berry adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan tertinggi di dunia, sekitar 2-4 kali jumlah yang ditemukan dalam blueberry. Goji berry mengandung nutrisi kunci yang telah direkomendasikan selama ribuan tahun dalam pengobatan China untuk meningkatkan kesehatan indera penglihatan. Selengkapnya tentang FIFORLIF. Klik Gambar

masalah pencernaan
Solusi Sehat Untuk Pencernaan dan Langsing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *