Buah Pisang Mencerdaskan Otak

Pisang Cerdaskan Otak

Manfaat buah-buahan untuk tubuh sangat banyak dan beragam, buah merupakan salah satu kebutuhan untuk mencapai hidup sehat yang tentunya dengan cara yang alami. Buah-buahan sendiri didefinisikan sebagai makanan yang didalamnya terkandung berbagai vitamin yang luar biasa bagusnya untuk kesehatan, ini dikarenakan serat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut dapat membantu memperlancar pembuangan racun dalam tubuh, sehingga membantu tubuh lebih bugar dan sehat. Diantara banyaknya pilihan buah-buahan yang salah satunya terkandung banyak gizinya adalah buah pisang, jika dibandingkan dengan apel. Pisang memiliki 4 kali lipat protein, 2 kali lipat karbohidrat, 3 kali lipat pospor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi dan 2 kali lipat mineral lainnya.

Tahukah anda bahwa pisang adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran yang juga merupakan salah satu buah-buahan surga. Lalu apa saja khasiat dari buah pisang itu? Dalam sebuah penelitian telah didapatkan bahwa pisang ini adalah buah yang kaya akan vitamin B6, terdiri dari 75% air, 1.3% protein dan hanya mengandung 0.6% lemak. Diketahui juga bahwa setiap buah pisang mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah yang mencukupi, dari kandungan pisang tersebut menyebabkan semua jenis pisang dikategorikan sebagai makanan yang banyak khasiatnya untuk kesehatan, pisang juga dianggap penting untuk dunia pengobatan dan juga mampu untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Beberapa Manfaat Buah Pisang

1. Mencegah Anemia.
2. Mencegah gangguan penglihatan.
3. Mencegah penyakit jantung dan stroke.
4. Mencegah kerusakan gigi.
5. Melancarkan saluran pencernaan.
6. Mengandung banyak gizi untuk ibu hamil.

Bukan hanya itu saja, ternyata pisang juga mampu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dibanyak negara maju buah pisang kerap menjadi bekal anak-anak kesekolah, mereka juga memiliki resep buah pisang tersendiri yaitu dengan memasukkan potongan-potongan buah pisang kedalam sereal dan sup saat sarapan. Pisang menyediakan cukup energi bagi anak-anak untuk siap mengikuti pelajaran disekolah.

Sebuah penelitian tentang buah pisang dilakukan terhadap 200 pelajar sekolah di Inggris, kepada mereka diberikan makanan tambahan berupa buah pisang yaitu saat sarapan, istrirahat dan makan siang. Penelitian tersebut dilakukan saat menjelang ujian, hasilnya dengan mengkonsumsi pisang tersebut membantu proses belajar mereka. Kalium yang terdapat dalam buah pisang inilah yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak, selain itu kandungan vitamin B yang cukup tinggi juga mampu mempertahankan aktifitas sistem kerja saraf, hal inilah yang mendorong pelajar bisa berkonsentrasi lebih lama. Dalam 1 buah pisang memang terkandung banyak zat gizi, kandungan vitamin dan mineralnya lebih unggul dibandingkan dengan buah dan sayuran lain terutama untuk vitamin B6, vitamin C, Kalium, Serat dan Mangan, kandungan itulah yang membuat buah pisang meningkatkan daya konsentrasi dan kecerdasan pada otak.

Dengan manfaat yang sangat banyak maka tak heran bila pisang menjadi salah satu buah yang istimewa, bukan karena khasiatnya namun karena buah ini disebutkan dalam Al-Quran dan buah pisang ini disebutkan dalam deret-deretan buah-buah disurga.
Buah pisang ini adalah termasuk makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia, bukan hanya karena rasanya yang enak namun juga kaya akan manfaat sebagai penyembuh berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *