Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

bolehkah ibu hamil minum kopi
ForediGel.my.id

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Pada dasarnya apa yang dimakan oleh ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janin, terutama pada trimester pertama (tiga bula pertama kehamilan). Seperti diketahui ibu hamil 9 bulan 10 hari yang terbagi 3 trimester.

Pada trimester pertama adalah proses organogenesis yang artinya pada saat itu terjadi pembentukan organ penting seperti otak, jantung, paru-paru dan lain-lain. Pada trimester kedua terjadi perkembangan dari organ kecil itu, sedangkan pada trimester ke tiga terjadi pematangan organ-organ tersebut.

Maka dari itu menjadi ibu hamil memang banyak sekali larangannya dan sering kali harus membuat anda meninggalkan kebiasaan makanan dan minuman favorit anda, salah satu larangan ibu hamil adalah minum kopi.

Dan untuk diketahui pula sampai saat ini pendapat mengenai boleh tidaknya mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi selama kehamilan masih bertentangan (kontroversi), satu pihak mengatakan anda tetap diperbolehkan menikmati minuman berkafein selama kehamilan dan selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Terdapat juga beberapa penelitian yang mengungkapkan wanita hamil yang mengkonsumsi 300 mg kafein atau lebih dalam sehari akan beresiko tinggi mengalami keguguran, selain itu mengkonsumsi kefein dalam jumlah tinggi juga akan meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah.

Adapun minuman yang mengandung kafein selain kopi yaitu teh dan minuman soft drink, kafein juga terdapat dalam beberapa obat-obatan sakit kepala, flu dan alergi. Kandungan kafein dalam kopi dan teh bervariasi tergantung dari bentuknya, apakah instan, seduh, keras atau lemah kandungannya.

Walaupun penelitian mengenai minuman berkafein ini belum mencapai titik kesimpulan untuk mengetahui berapa banyak yang dapat dikonsumsi, akan lebih baik bagi ibu hamil untuk menghindari minuman berkafein.

Terlebih kafein memiliki sifat vasokontrikdi (penyempitan pembuluh darah) dan berhubungan dengan keguguran, ini karena akibat kafein aliran darah dari plasenta atau tembuni lewat tali pusar akan menurun. Padahal aliran darah ini diperlukan karena mengandung nutrisi dan oksigen. Berikut ini beberapa hal yang pasti mengapa sebaiknya ibu hamil menghindari minuman yang mengandung kafein.

  • Menyebabkan anda sulit tidur.
  • Menimbulkan perasaan cemas.
  • Kefein dapat meningkatkan detak jantung dan metabolisme tubuh.
  • Menyebabkan sakit kepala.
  • Kafein dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium.
  • Mampu merangsang cairan dalam lambung yang menimbulkan rasa panas atau perih.
  • Kafein bersifat diuretik sehingga menyebabkan anda lebih sering buang air kecil.
  • Kafein juga mengandung phenol yang menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap zat besi, padahal zat besi dibutuhkan oleh tubuh terlebih selama kehamilan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya bukan untuk mengganti kebiasaan anda mengkonsumsi kopi, teh atau minuman berkafein lainnya selama kehamilan, lebih baik anda banyak mengkonsumsi air putih, susu atau jus buah yang tentunya sehat bagi tubuh anda dan yang lebih penting akan membuat janin anda lebih baik perkembangannya.

masalah pencernaan
Solusi Sehat Untuk Pencernaan

Semoga bermanfaat.

Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *