Berbahayakah Periksa USG Pada Kehamilan

usg

Saat ini sejalan dengan perkembangan ilmu fisika, kimia, biologi dan komputer, dibidang kedokteran sudah dikenal berbagai cara pemeriksaan yang dapat menghasilkan gambar tubuh manusia untuk tujuan diagnostik, misalnya untuk kelainan panggul adanya tumor yang dapat membahayakan kehamilan dan melihat dengan mata kepala sendiri gerakan janin didalam rahim dikenal alat Ultrasonografi (USG).

Kini berkat adanya teknologi USG seorang ibu hamil dapat melihat dengan mata kepala sendiri keadaan janin yang berada didalam rahimnya. Salah satu kelainan pada janin yang dapat dideteksi oleh alat canggih USG ini adalah berupa hambatan pertumbuhan janin.

Seperti diketahui janin yang mengalami hambatan pertumbuhan akan berakibat pada matinya janin dalam kandungan atau berat badan ketika janin lahir rendah. Lebih dari itu USG bersifat tidak menimbulkan cacat bawaan pada janin karena cara kerjanya menggunakan gelombang suara.

Hal ini berbeda dengan alat Rontgen yang menggunakan sinar X yang bila dilakukan ibu hamil dibawah 20 minggu menurut beberapa literatur dapat menyebabkan leukemia (kanker sel darah putih) pada janin setelah lahir.

Lalu Bagaimanakah Sebenarnya Cara Kerja USG?

Ultrasound adalah gelombang suara berfrekuensi tinggi (diatas 20.000 Hz), saraf pendengaran tidak bisa mendengar suara ini, dari transmitter gelombang suara ini dipancarkan menuju organ tubuh yang akan diperiksa.

Gelombang ini oleh bagian tubuh akan dirambatkan sehingga membuat organ tubuh itu bergetar, getaran ini merupakan gelombang pantul yang nantinya ditangkap oleh receiver, sebuah amplifier kemudian akan mengubah gelombang pantul itu sesuai dengan tingkat velositas jaringan dan organ tubuh.

Bila organ tubuh yang diperiksa adalah jantung janin maka alat Doppler akan merekam denyut jantungnya, bila gerakan bayi dan rongga rahim yang akan dilihat maka hasilnya bisa dilihat pada layar monitor.

Jadi bila suatu jaringan velositasnya tinggi ia akan memantulkan gelombang dengan baik sehingga dilayar terdapat warna bayangan yang kompak (padat) membentuk bayangan suatu organ tertentu, misalnya pada keadaan janin letak melintang, bayangan janin berwarna putih yang melintang disekeliling bayangan hitam.

Apakah Keuntungan USG Saat Hamil?

Keunggulan yang paling utama dari alat USG adalah kemampuannya untuk melihat pergerakan organ tubuh seperti denyut jantung janin, gerakan janin dan pernafasan janin. USG pun bisa mendiagnosa kasus seperti

  • Berapa umur kehamilan.
  • Bagaimana letak janin (kepala/sungsang).
  • Kehamilan kembar.
  • Kelainan pada kepala janin misalnya Hidrosefalus (kepala janin membesar) dan Anensefalus (tidak terbentuk tulang tengkorak janin).
  • Kehamilan anggur.
  • Kehamilan diluar rahim.
  • Keadaan plasenta (ari-ari dan lokasinya).
  • Jenis kelamin janin.
  • Tumor-tumor dalam rahim dan volume cairan ketuban.

Pemeriksaan dengan alat USG dapat dilakukan secara trans abdominal (alat ditempel diperut) dan tras vaginal (alat dimasukkan lewat vagina). USG trans vaginal dapat memperlihatkan gambar kehamilan dini lebih cepat, disamping sebagai pembanding apabila pemeriksaan trans abdominal belum diperoleh hasil atau menunjukkan hasil yang belum pasti.

Dengan USG umur kehamilan dan volume air ketuban pun bisa dihitung dengan akurat, umur kehamilan berguna untuk memastikan apakah terdapat hambatan pertumbuhan atau tidak. Caranya dengan menghitung ukuran tubuh janin seperti ukuran lingkar perut janin, panjang tulang paha dan diameter kepala janin.

Yang pasti sebagai penunjang diagnostik penggunaan USG pada ibu hamil sangat membantu dokter untuk melihat kemajuan perkembangan janin, walau harus diketahui pula sebagaimana pemeriksaan penunjang pada umumnya satu sama lain saling melengkapi.

Akhirnya diketahui ada tidaknya kelainan janin dengan pemeriksaan USG ditentukan oleh faktor-faktor antara lain dari resolusi alat, ketajaman gambar dan tentunya keahlian tenaga dokter yang melakukan pemeriksaan.

Semoga bermanfaat serta Salam Bahagia dan Harmonis ForediGel.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *