7 Bahaya Diet Ekstrim Yang Wajib Dihindari

bahaya diet ekstrimKetika bagian tubuh membesar seperti bagian pada perut yang membuncit tentu saja merupakan masalah yang besar bagi sebagian perempuan karena membuat gerakan menjadi melambat dan tidak lincah, selain itu juga bisa mengganggu penampilan.

Kurangnya olah raga dan banyaknya mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak atau minyak menyebabkan penumpukan dibeberapa bagian tubuh seperti pada bagian perut.

Banyak perempuan yang melakukan berbagai cara agar dapat mengecilkan perut buncit dengan berdiet. Ada yang melakukan diet dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi obat diet, melakukan diet makanan sehat, ataupun melakukan diet secara ekstrim. Efeknya dapat dilihat secara cepat ataupun secara perlahan.

Biasanya orang-orang yang melakukan diet sehat dan berolahraga secara rutin akan merasakan penurunan berat badan secara perlahan sedangkan yang melakukan diet secara ekstrim akan merasakan penurunan berat badan secara cepat (instan)tetapi tentunya ada efek samping negatif yang akan mengganggu kesehatan tubuh.

Mengecilkan perut buncit dengan cara ekstrim akan berdampak negatif pada tubuh yaitu dapat membahayakan kesehatan.

Berikut ini beberapa efek samping akibat diet ekstrim yang sering dilakukan orang-orang untuk mengecilkan perut buncit yaitu:

  1. Kurang Nutrisi

Saat sedang melakukan diet ekstrim untuk mengecilkan perut buncit biasanya orang-orang akan mengurangi asupan nutrisi bagi tubuh yang menyebabkan tubuh menjadi kekurangan gizi dan nutrisi yang dapat mengganggu kesehatan seperti anemia bahkan bisa beresiko terkena penyakit yang serius seperti kanker.

  1. Berat Badan Kembali Lagi

Diet ketat yang dilakukan untuk mengecilkan perut buncit biasanya hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat karena setelah beberapa periode kita melakukan diet dengan ketat, tubuh akan membakar kalori lebih sedikit dan membuat bobot tubuh kembali naik.

  1. Gangguan Otot

Dengan melakukan diet secara ekstrim akan menyebabkan rusaknya jaringan pada otot. Karena pada saat melakukan diet secara ekstrim akan menyebabkan menurunnya bobot tubuh dengan cepat karena membakar otot-otot tubuh yang menyebabkan tubuh kehilangan mineral penting seperti kalium dan natrium yang ada pada tubuh.

  1. Menyebabkan Kelelahan dan Melemahkan Tulang

Diet ekstrim menyebabkan sistem metabolisme tubuh terganggu karena kebutuhan akan kalori yang tidak dapat terpenuhi atau tercukupi, sehingga lemak disimpan sebagai cadangan energi dan ototpun akan mengalami pembakaran. Apabila otot kehilangan jaringannya, tubuh akan mengalami kondisi kelelahan dan tulangpun melemah.

  1. Penuaan Dini

Mengecilkan perut buncit dengan diet ekstrim menyebabkan kurangnya asupan gizi dan nutrisi pada tubuh dan tentu saja akan berpengaruh pada kulit, salah satunya adalah masalah penuaan dini.

  1. Gangguan Kesehatan Mental

Diet yang ekstrim dengan maksud mengecilkan perut buncit yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan depresi yang muncul bersamaan dengan rasa frustasi dan putus asa karena hasil diet yang tidak sesuai dengan ekspektasi sebelumnya.  Selain rasa frustasi dan putus asa, kelesuan, kelelahan, moody, mudah tersinggung dan kurangnya percaya diripun akan timbul.

  1. Amenorrhea

Diet ekstrim yang dilakukan perempuan biasanya menyebabkan timbulnya amenorrhea atau berhentinya siklus menstruasi. Amenorrhea dengan jangka panjang mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dan system reproduksi menjadi terganggu. Jika terjadi lebih dari enam bulan itu menandakan bahwa ovarium tidak mampu berfungsi dengan optimal.

Banyak perempuan yang melakukan diet secara ekstrim demi mengecilkan perut buncit tetapi tetap tidak merasa puas padahal pada saat berat badan menurun lebih dari 1,4 kg per hari itu menandakan bahwa diet yang sedang dilakukan terlalu cepat atau ekstrim yang berdampak negatif pada tubuh.

masalah pencernaan
Solusi Sehat Untuk Pencernaan dan Detox

Demikian informasi tentang 7 Bahaya Diet Ekstrim yang Mesti Dihindari, semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam Sehat FOREDIGEL.my.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *