10 Dosa Penghalang Doa

Dosa Penghalang Doa Terkabul

Menurut Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz yang kondang disebut Ustadz Sedekah ini menuturkan bahwa doa seseorang akan terhalang ( ditangguhkan ) oleh ALLAH SWT dikarenakan seseorang tersebut masih mempunyai dosa lebih banyak daripada amal kebaikan itu sendiri, sehingga seseorang tersebut tidak kenal oleh ALLAH SWT dan malaikat-malaikat ALLAH SWT. Sebenarnya Rezki, Hajat, Permintaan, Permohonan seseorang tersebut sudah waktunya diberi, tapi karena seseorang tersebut masih terjangkit dosa-dosa besar sehingga Rezki, Hajat, Permintaan dan Permohonan mereka ditunda oleh ALLAH SWT sampai mereka memohon ampun atas dosa-dosa tersebut.

Berikut 10 Dosa Penghalang Doa :

  1. Syirik

Syirik adalah menyekutukan ALLAH SWT atau menduakan ALLAH SWT dengan yang lain, baik dengan sengaja maupun tidak. Jaman dahulu memang syirik terlihat jelas yaitu menyembah berhala, matahari, pohon, kuburan dll. Tapi sekarang syirik terlihat samar-samar, seperti menuliskan ayat al-quran sebagai penolong keselamatan dan pembawa rezki, mengunakan kata-kata yang seolah-olah syirik tidak mereka sadari, seperti sesuatu tidak akan terjadi dan terwujud tanpa bantuan dari yang bersangkutan.

Contoh :

  • Usaha saya tidak akan berjalan dan berhasil tanpa bantuan si A.
  • Bangunan ini tidak akan bersiri jika tidak ada bantuan dari saya.
  • Saya tidak akan sembuh jika tidak minum obat ini. dsb
  1. Meninggalkan Sholat

Meninggalkan Sholat disini diartikan meninggalkan sholat – sholat fardu, terutama bagi kaum adam sholat berjamaah adalah hal yang lebih utama yang tidak boleh ditinggalkan dalam situasi apapun atau tanpa terkecuali.

  1. Durhaka Terhadap Ke Dua Orang Tua

Deskripsi durhaka terhadap ke dua orang tua sangat jelas. Banyak diantara kita baik sadar maupun tidak menyadari bahwa terkadang perkataan kita sangatlah kasar dan bahkan menyinggung perasaan ke dua orang tua kita. Didalam al-hadist dijelaskan bahwa seorang anak tidak boleh berkata tinggi dihadapan kedua orang tuanya, terutama untuk ibu kita. Al-quran menjelaskan bahwa surga ada ditelapak kaki ibu, ini berarti Ridho ibu kita dan dan Murka ibu kita adalah Ridho dan Murka-Nya ALLAH SWT. Jadilah jangan sekali-kali kita mendurhakai keduanya, berbuat dan berkata baiklah pada keduanya. Segera minta maaflah jika kita melakukan kesalahan pada keduanya.

  1. Zina

Zina ada dua macam yaitu zina kecil dan zina besar. Zina besar sudah jelas pengertiannya, sedangkan zina kecil ini biasanya yang sering dilakukan oleh anak muda yang sedang berpacaran, dikatakan bahwa seorang pria dan seorang wanita yang bukan saudara sekandung adalah bukan muhrimnya, jadi apabila seorang wanita dan seorang pria berjalan berdua sangatlah rentan terhadap zina kecil.

Contoh :

  • Berpegangan tangan.
  • Berpelukan.
  • Berciuman.
  • Dan banyak yang lainnya.
  1. Makan Harta Haram

Islam sangat-sangatlah melarang memakan harta yang haram, karena ALLAH SWT sangat tidak suka dan membenci apa-apa yang haram. Harta haram sangat dilarang untuk dibelanjakan dan dikonsumsi, baik oleh kita sendiri, keluarga maupun anak dan istri kita. Karena harta yang haram bila dikonsumsi untuk kita,keluarga dan anak istri akan berdampak buruk buat mereka.

Contoh Harta yang Haram :

  • Harta hasil Berjudi.
  • Harta hasil Mencuri.
  • Harta hasil Korupsi.
  • Harta hasil Menipu. Dll
  1. Mabuk – Mabukan

Mabuk – mabukan disini diartikan mabuk yang terjadi baik karena minuman keras, narkoba maupun sesuatu hal yang bisa membuat orang lupa akan alam sadarnya. Karena dalam Al-hadist dijelaskan bahwa sesuatu hal yang membuat orang mabuk itu adalah najis (khamar).

  1. Memutus Hubungan Tali Silaturahim

Sesama umat muslim yang satu dengan yang lain dimanapun dia berada itu adalah saudara, apalagi saudara sekandung, jadi janganlah kita memutus hubungan persaudaraan kepada saudara-saudara kita.

  1. Berbohong

Apapun bentuk bohong itu dalam islam tetap dilarang, baik bohong demi kebaikan ALLAH SWT tetap melarang.

  1. Kikir

ALLAH SWT paling tidak menyukai pada seseorang yang tidak mau berbagi pada orang lain, dan tidak mau peduli terhadap lingkungan sekitar yang sedang membutuhkan pertolongan. ALLAH SWT berfirman dalam Al-quran bahwa harta yang disedekahkan untuk ALLAH SWT tidak sama sekali berkurang bahkan akan bertambah, bertambah dan bertambah.

  1. Ghibah

Ghibah adalah ngomongin orang lain baik ngomongin yang baik-baik atau lebih-lebih ngomongin buruk.

Itulah 10 dosa-dosa besar yang membuat ALLAH SWT murka dan sebagai penghalang doa-doa, hajat, permintaan dan permohonan kita. Semoga informasi tentang Dosa Penghalang Doa ini bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta dibukakan pintu maaf dan ampunan-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *